DPRD Kota Pertanyakan Pemkot Soal Bantuan Bagi Korban Bencana


20190302_10510320190302_105103Zonalinenews-Kupang,- DPRD Komisi IV DPRD Kota Kupang pertanyakan Pemerintah Kota Kupang soal penanganan bantuan bagi korban bencana Puting beliung karena Pemerintah Propinsi NTT dalam hal ini Gubernur telah melakukan action dengan memberikan bantuan.

” Masa kita Kota Kupang belum melakukan action ke korban dan Pemprov sudah melakukan realisasi bantuan,” kata Anggota DPRD Kota Kupang, Theodora Ewalde Taek saat berkunjung di Posko bantuan Bencana Puting Beliung RT 27 Liliba Sabtu 2 Maret 2019 pukul 14.05 wita.

Hadir pada kunjungan tersebut, Ketua Komisi IV DPRD Kota Kupang Livingstone Ratu Kadja dan Eky Viktor Haning.

Lanjutnya, Wakil Wali Kota Kupang dimedia masa menyatakan dana belum ada ini masyarakat sudah ditimpa musibah ko belum realisasi bantuan.

” Saya merasa aneh dengan pemerintah kota. lronis bantuan dari Pemkot belum diberikan. Saya emosi dengan pemerintah tadi malam pak wakil walikota menyatakan lewat media belum bisa merealisasikan dana,” ucap walde Taek.

20190302_153355

Laanjutnya, Senin 4 Maret 2019 pemerintah sudah harus meraelisasikan bantuan ke korban bencana.

” Uang yang dipakai untuk jalan-jalan bisa diangarkan cepat masa untuk bantuan bencana belum bisa dioptimalkan dan direalisasikan,” tutur Walde.

Kasubag data dan Perencanaan BPBD Kota Kupang, Viky Boling saat menerima kunjungan dan pertanyaan Komisi IV DPRD menyampaikan rumah korban akibat puting beliung.

” Data sementara rumah rusak akibat puting beliung di kelurahan Liliba 162 unit dan kelurahan Penfui 20 unit ditambah dikelurahan Oetete 1 unit dan kelurahan Fontein satu unit. Total kerusakan 184 unit ,” jelas Vecky.

Lanjutnya terkait bantuan pemkot dirinya tidak bisa memberikan jawaban karena ia hanya seorang bawahan yang saat ini ditugaskan untuk melakukan koordinasi.

” Saat ini tugas saya mendata korban dan mengkoordinir dengan semua unit yang tergabung pada posko bencana,” tutur Vecky. (*tim)