Kbi 2(1)

KBI NTT Gelar Kegiatan Kelas Pancasila


Kbi 2(1)

Zonalinenews-Kupang’,- Terhitung mulai 8 Februari 2019 hingga 15 Maret 2019 Komunitas Bela Indonesia (KBI) mengadakan kegiatan bertajuk kelas pancasila.

Kbi ntt(1)

Kegiatan yang diadakan setiap minggu ini menyasar peserta dari berbagai komunitas atau elemen organisasi. Kelas Pancasila adalah kegiatan yang digagas oleh komunitas regio NTT untuk mengumpulkan orang muda di Kota Kupang dengan maksud menumbuhkan kembali semangat pancasila yang dirasa kian hari kian memudar.

Adapun pada kelas pancasila yang pertama KBI NTT mengajak teman-teman peserta dari OKP Cipayung yakni yang hadir Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), Kesatuan Mahasiswa Hindu Darma Indonesia (KMHDI), Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) dan Persatuan Pemuda Budha serta Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia.

Pada pertemuan ini peserta dari OKP cipayung sama-sama satukan tekad dan tujuan untuk bagaimana menjaga keberagaman dan pancasila sebagai kekayaan bangsa Indonesia.

Pada kelas pancasila yang kedua KBI NTT mengajak teman-teman komunitas pendidikan dan kesehatan.

Adapun komunitas yang turut bergabung adalah For PKBI NTT, TeBe RK, Bidan Inisiator, Buku bagi NTT, Mata Kita, Dusun Flobamora, Persani NTT, dan beberapa teman dari Komunitas Peacemaker Kupang yang turut bersama duduk, nonton, dan bicara tentang bagaimana menjaga nilai pancasila.

Salah seorang peserta kelas pancasila Ivana Ndoen yang berasal dari For PKBI NTT yang mana juga merupakan siswa SMA Negeri 2 Kupang mengatakan kegiatan-kegiatan seperti kelas pancasila harus terus dilakukan melihat nilai-nilai pancasila yang sudah tidak lagi di implementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Menurutnya tingkat kepedulian masyarakat terhadap pentingnya pancasila menjadi ancaman terhadap keutuhan NKRI untuk itu menjadi tanggung jawab bagi orang muda untuk terlibat dan peduli terhadap pendalaman dan pengamalan pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Pada kelas yang terakhir KBI NTT mengajak komunitas seni dan lingkungan di Kota Kupang. KBI NTT merasa menjaga keutuhan NKRI adalah harga mati, untuk itu dasar negara yang lahir di bumi flobamora ini menjadi tanggung jawab bersama untuk kita jaga dan amalkan.

Dewi Tamatur sebagai pengurus Komunitas Bela Indonesia berpesan orang muda tidak boleh hadir menjadi penikmat kemerdekaan dari para pejuang dan penonton kehancuran NKRI dari orang-orang yang ingin menghancurkan keutuhan bangsa dan terlibat secara aktif dalam hal-hal sederhana seperti diskusi adalah hal yang bisa dilakukan orang muda untuk mempertahankan pancasila sebagai dasar NKRI. Beta muda, beta Pancasila.
(*Rossy Bella Oktalia)