Hadapi Pemilu, Angkatan Muda Muhammadiyah Alor Deklarasi Damai


IMG-20190319-WA0014

Zonalinenews – KALABAHI – Menghadapi pemilu serentak, Angkatan Muda Muhammadiyah (AMM) Kabupaten Alor menggelar deklarasi damai di Lapangan Mini Kalabahi Senin, 18 Maret 2019 siang. Deklarasi damai ini bertajuk Mari Bersama Menjadi Agen Penyebar Virus Perdamaian.

Ketua AMM Alor Muhammad Abdullah mengatakan deklarasi ini sebagai upaya menolak dan menghindari berbagai upaya yang dapat menimbulkan perpecahan di masyarakat.

IMG-20190319-WA0015

“Kami AMM menghimbau kepada seluruh masyarakat Alor agar membantu pihak keamanan maupun penyelenggara pemilu untuk ikut menjaga keamanan dan ketertiban. Kita semua harus bisa membawa virus perdamaian di kabupaten kita ini,” kata Abdullah.

Menurutnya, sebagai orang yang beriman dan berbudaya sepatutnya terus menjaga apa yang telah leluhur tinggalkan yaitu semboyan tara miti tomi nuku, kakang aring opung anang.

“Kita 1 darah, 1 raga, 1 tekad untuk menyebarkan virus-virus perdamaian. Hindari berita-berita hoax, menghasut dengan ujaran kebencian serta tidak menggunakan isu sara yang dapat memecah belah persatuan kita” tambahnya.

Senada juga disampaikan Ketua Umum Pimpinan Cabang IMM Alor Jamra Lapung yang dalam orasinya menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk ikut mensukseskan pemilu serentak 17 April mendatang.

“Jangan kita golput. Tapi mari kita menggunakan hak pilih kita dengan baik sebagai bentuk dukungan terselenggaranya proses demokrasi serta dapat menghasilkan pemimpin yang berkualitas bagi daerah dan bangsa,” ucap Jamra Lapung.

Lanjutnya, perbedaan dalam politik merupakan sesuatu yang wajar namun bukan menjadi pemicu kehancuran dan permusuhan diantara sesama masyarakat.

“Untuk itu mari kita semua hindari berbagai macam provokasi baik berita bohong, politik uang, isu sara sehingga keamanan khususnya di daerah kita ini tetap terjaga dengan baik. Tanamkan semboyan yang sudah diwarisan leluhur kita. Tara miti tomi nuku, kakang aring opung anang ,” pungkasnya.

Deklarasi damai ini merupakan tindak lanjut AMM dari Training 12 Nilai Dasar Perdamaian yang sebelumnya dilakukan IMM di Kampus STKIP Muhammadiyah. Training tersebut menghadirkan Raspa A Laa dari Agent Of Peace (AOP) Peace Generation Alor sebagai nara sumber.

Training 12 nilai dasar perdamaian ini meliputi bangga jadi diri sendiri, no curiga no prasangka, beda kebudayaan tetap berteman, beda keyakinan tak usah musuhan, laki-laki dan perempuan sama-sama manusia, kaya tidak sombong miskin tidak minder, kalau pria jangan nge-gank, indahnya perbedaan, konflik buat kamu makin dewasa, pake otak jangan main otot, tidak gengsi ngaku salah, tidak pelit memberi maaf. (*pepenk)