Meminimalisir Kesalahan KPUD Alor Gelar Bintek Bagi PPK dan PPS di Mutiara


IMG-20190322-WA0036

Zonalinenews-KALABAHI – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Alor Maria Goreti Padu Kera memberikan materi Bimbingan Teknis (Bimtek) dihadapan anggota PPK dan PPS se Kecamatan Teluk Mutiara di Aula Kantor Lurah Welai Timur Kabupaten Alor Jumad, 22 Maret 2019 pagi.

Ketua KPU Alor dalam sambutannya menyampaikan materi bimtek ini meliputi tata cara pemungutan suara di TPS dan Penghitungan serta rekapitulasi di PPK.

“Yang kita harapkan adalah adanya satu kesepemahaman terhadap regulasi pemungutan dan penghitungan suara sehingga kesalahan-kesalahan yang yang biasa terjadi selama ini tidak terulang,” kata Maria

Maria menambahkan, setelah penyampaian materi, akan dilanjutkan dengan simulasi oleh peserta bimtek.

“Tujuannya untuk meminimalisir kesalahan pada saat pelaksanaan nanti sehingga proses pemungutan dan penghitungan suara dapat berjalan secara maksimal,” lanjutnya.

Dirinya juga menyampaikan, dalam simulasi ini peserta akan di beri 2 form pengisian rekapitulasi suara yang mana 1 form akan dibawa ke operator perhitungan suara di KPU untuk di uji.

“Dengan begitu kita sudah bisa tau apakah form isian itu sudah benar atau tidak. Kalau ada yang salah kita akan tau dimana letak kesalahan datanya karena akan muncul strip merah,” tambah Maria.

Bersama seluruh komisioner, Ketua KPU mengatakan akan terus berusaha dan berharap agar pemilu kali ini bisa berjalan baik sesuai dengan harapan seluruh masyarakat.

“Kita ingin yang terbaik. Kalau sampai ada pemilihan ulang juga kan tidak bagus. Butuh anggaran, tenaga, waktu. Mudah-mudahan kerjasama yang baik penyelenggara, aparat keamanan dan dukungan masyarakat paling tidak dapat menghindari hal-halyang tidak kita inginkan,” pungkas Maria Goreti.(*pepenk)