Pemilu : Pileg dan Pilpres di Kota Kupang Sukses Damai dan Berkualitas


IMG-20190405-WA0016

Zonalinenews-Kupang,- Penyelenggaraan Pemilu yang damai dan sukses menjadi harapan semua pihak. Demikian diungkapkan Wakil Walikota Kupang, dr Herman Man saat dialog interaktif di Radio RRI Kupang Kamis, 04 April 2019, pukul 09.00-10.00 Wita, Adapun tema dialog tersebut “Pemilu Pileg dan Pilpres di Kota Kupang: Sukses, Damai dan Berkualitas Bebas Pelanggaran.

IMG-20190405-WA0017

Hadir sebagai narasumber Wakil Walikota Kupang dr. Herman Man, Ketua KPU kota Kupang Deki Ballo, Komisioner Bawaslu kota Kupang Adi Nange dan Kepala Badan Kesbangpol Kota Kupang. Noce Nus Loa serta sebagai moderator penyiar RRI Kupang Evongky Lette,S.Pd.

Dalam Dialog interaktif yang diinisiasi oleh Badan Kesbangpol Kota Kupang tersebut para narasumber sepakat bahwa penyelenggaraan pemilu yang damai dan sukses menjadi harapan semua pihak.

Secara khusus Wakil Walikota Kupang menegaskan bahwa sukses pemilu dapat dilihat dari tingkat partisipasi pemilih yang menggunakan hak politiknya.

” Karena itu pemkot Kupang melalui Badan Kesbangpol  bekerjasama dengan KPU dan Bawaslu terus melakukan sosialisasi dan pendidikan politik kepada seluruh unsur masyarakat,” tutur dr Herman dalam dialog tersebut yang disiarkan langsung oleh RRI.

Pemerintah Kata dr Herman Man juga mendorong para lurah dan camat untuk memastikan semua warganya sudah terakomodir dalam DPT dan memastikan mereka menggunakan hak politiknya pada tanggal 17 April 2019.

Sementara Ketua KPUD Kota Kupang Deky Ballo menjelaskan bahwa dari sisi kesiapan penyelenggaraan saat ini sudah 92% dan surat suara yang diterima sebanyak 1.282.829 lembar sudah disortir dan ditemukan sebanyak 3.222 lembar surat suara yg rusak dan telah diusulkan untuk diganti oleh KPU pusat.

Diharapkan tanggal 8-11 April kata Deky surat suara pengganti sudah diterima.

Komisioner Bawaslu Adi Nange pada kesempatan itu menjelaskan pada prinsipnya bawaslu melaksanakan 3 tugas utama dalam rangka sukses pemilu yaitu cegah, awasi dan tindak.

“Sejauh ini belum ditemukan pelanggaran yang berarti kecuali pelanggaran dalam pemasangan APK pada tempat-tempat yang tidak sesuai peruntukannya,” jelas Adi.

Kepala Badan Kesbangpol Kota kupang Noce Nus pada dialog tersebut menggaris bawahi tugas dan fungsi pemerintah melalui Kewaspadaan dini masyarakat di daerah, untuk mensukseskan penyelenggaraan pemilu khususnya dalam mengantisipasi hal-hal yang berpotensi menjadi ancaman, gangguan dan hambatan.(*tim)



TAG