Pastor Katedral Reinha Rosari, Apresiasi Warga Muslim Larantuka


TRomo Hendrik Leni, Pr. Pastor Paroki Katedral Reinha Rosari Larantuka

Romo Hendrik Leni, Pr. Pastor Paroki Katedral Reinha Rosari Larantuka

Zonalinenews.Com, Larantuka-Pastor Paroki Katedral Reinha Rosari Larantuka Kabupaten Flores Timur (Flotim) Nusa Tenggara Timur (NTT) R. Hendrik Leni, Pr mengapresiasi sikap toleransi warga Muslim setempat.

Dalam pandangan Pastor Hendrik, apa yang telah dilakukan warga Muslim merupakan hal posotif, menambah pundi-pundi pengalaman rohani.

“Kita bersyukur. Sebuah pengalaman iman yang luar biasa pada siarah rohani dan merupakan hal yang sangat positif. Demikian disampaikan Hendrik kepada Wartawan Rabu, 10 April 2019.

Menurutnya, kisah tentang saudara Muslim Larantuka yang rela memberikan tumpangan gratis bagi umat Katolik pesiarah Semana Santa sudah lama terdengar di bumi Lamaholot.

“Kami sudah mendengar cerita ini dari beberapa penutur. Menjadi istimewa karena dalam moment pengalaman siarah iman bagi para tamu yang mengadiri Pekan Suci Semana Santa. Gereja Katolik Larantuka, tidak pernah menolak partisipasi dari pihak manapun baik itu dari Muslim serta lainnya.” sebutnya.

Secara umum, berbagai perbedaan tersebut bukan menjadi kendala melainkan mampu menghadirikan rasa persatuan mendalam sesama umat beragama.

“Tidak ada perbedaan antara satu dan lainnya karena beda agama. Yang kami lihat selama ini adalah satu kesatuan , saling mendukung, toleransi satu sama lain” kata Pastor Katedral

Sebaliknya ia mengajak umat Katolik mampu menjaga dan merawat serta sanantiasa memupuk sikap toleransi yang telah ada sebagai pilar keberagaman dalam perbedaan.

Pekan Suci Semana Santa yang betepatan dengan moment politik, Imam Keuskupan Larantuka ini berharap semua pihak mampu mencerna secara cermat berbagai informasi dengan berita hoaks terkait politik sehingga tercipta situasi yang kondusif secara Nasional.

“Kita berharap sekian banyak hal yang terjadi di tahun politik, entah itu cerita-cerita hoax dan lain sebagainya perlu diwasapadai sehingga tetap terjaga keadaan yang aman dan tentram dalam bingkai NKRI” tutupnya.

Sebelumnya diberitakan memasuki Pekan Semana Santa, setiap tahunnya Larantuka didatangi ribuan pesiarah. Membludaknya para pengunjung tidak mampu diakomodir
hotel maupun penginapan setempat.

Menyikapi keadaan tersebut, beberapa warga Muslim Kota Larantuka Kelurahan Eksapta secara sukarela memberi tumpangan gratis kepada pesiarah yang tidak mendapat penginapan. (*Ritha Senak)