Uskup Larantuka Minta Umat Katolik, Gunakan Hak Pilih Penuh Tanggungjawab


Zonalinenews.Com, Larantuka- Momentum Pemilihan Presiden serta Legislatif  yang jatuh pada tanggal 17 April 2019 Mendatang bertepatan dengan perayaan Pekan Semana Santa di Kota Larantuka-Flores Timur (Flotim) Nusa Tenggara Timur (NTT).

Semana Santa sendiri merupakan peristiwa iman merayakan tradisi keagamaan umat Katolik setempat sebelum Paskah yang sudah ada sejak ratusan tahun silam

Menyandang status Kabupaten mayoritas Katolik, Larantuka juga disebut Kota Reinha tidak meyurut semangat maupun langkah umat setempat menggunakan hak politik di bilik Tempat Pemungutan Suara (TPS) meski bertepatan dengan gawean politik Nasioanal. 

Uskup Larantuka dan Lembata, yang mulia Mgr. Fransiskus Kopong Kung, Pr turut melecut semangat serta mendorong umatnya agar terlibat secara aktif dengan ikut mencoblos.

“Tanggal 17 April, semua umat Katolik yang memiliki hak pilih datang ke TPS, memberikan piliha. Politik dengan penuh tanggungjawab”

Pemimpin umat Katolik setempat juga mengatakan sebagai Umat Katolik sekaligus warga negara Republik Indonesia wajib memilki tanggungjawab pada masa depan Bangsa Indonesia.

Uskup menambahkan, sebelumnya telah mengeluarkan Surat Gembala. Dikeluarkan Surat Gembala bertujuan sebagai pedoman umat menyukseskan dua moment penting.

“Jauh hari, saya sudah keluarkan Surat Gembala sebagai pedoman umat dalam melaksanakan Pekan Semana Santa dan Pemilu” tambah Kopong Kung.

Bupati Flores Timur Antonius Hubertus Gege Hadjon tidak mau ada kendala baik Pemilu maupun perayaan Semana Santa, telah berupaya melakukan koordinasi dengan pihak panitia Pekan Suci perayaan Semana Santa menyepakati,  jadwal ritual Tikam Turo, semestinya terjadi pada tanggal 17 April mendatang atau tepat di hari Pemilu dimajukan ke Senin, 15 April 2019. (*Ritha Senak)



TAG