Cek Kesiapan Pemilu, Banwaslu Alor Gelar Rakor Bersama Stakeholder


IMG-20190413-WA0021

Zonalinenews – KALABAHI – Bawaslu Alor menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) bersama dengan seluruh stakeholder dan pemangku kepentingan bersama di sekretariat kantornya Jalan Cempaka Nomor 1 Kelurahan Kalabahi Kota Kecamatan Teluk Mutiara Jumad, 29/3/2019 petang.

Rakor tersebut melibatkan KPU, Polres Alor, Kodim 1622/Alor, Kejaksaan Negeri Alor, Kasat Pol PP, Kesbangpol Linmas serta partai politik peserta pemilu.

Komisioner Bawaslu Irias Langmau usai Rakor menyampaikan tujuan dilaksanakan kegiatan ini untuk mengecek persiapan yang disiapkan oleh para penyelenggara pemilu, khususnya KPU terkait logistik.

“Sementara ini KPU lagi melakukan pengepakan. Tadi ketua KPU juga menyampaikan masih ada beberapa kekurangan seperti surat suara dan C1 plano. Mereka masih menunggu pendistribusian dari dari tingkat atas,” kata Orias Langmau.

Lanjutnya, dalam pertemuan ini juga disarankan agar mencari tempat yang strategis supaya proses ersebut bisa dilaksanakan semaksimal mungkin, mengingat waktu yang makin terbatas.

“Ada juga yang dibahas bersama yaitu berakhirnya masa kampanye hari ini tepat pukul 00.00 wita. Lebih dari itu sudah masuk masa tenang sehingga yang diharapkan agar seluruh peserta pemilu secara sadar menurunkan seluruh alat peraga dan bahan kampanye yang sudah terpasang,” tambahnya.

Menurut Langmau, kalau ini tidak dilakukan, Bawaslu Alor sudah bekerjasama dan berkoordinasi dengan Satpol PP untuk melakukan penertiban yang direncanakan pada hari senin.

“Terkait masa tenang, kami tetap menghimbau tidak boleh ada praktek politik uang di masyarakat sehingga bisa terhindar dari kecurangan dalam proses pemilu,” ungkap Orias.

Dirinya juga menyampaikan ada beberapa titik kerawanan yang diidentifikasi pihak Bawaslu yakni money politic dimasa tenang, proses pemungutan suara yakni pemilih yang menggunakan DPTb atau pemilih pindah bisa saja disalahgunakan serta tidak aanya penerangan paa saat proses penghitungan sebab prosesnya bisa sampai malam,” ujarnya.

Untuk itu Orias meminta kepada KPU dan jajarannya untuk bisa memaksimalkan penerangan dengan berkoordinasi dengan PLN.

“Untuk pemetaan titik rawan saya kira dari teman-teman Kepolisian juga sama. Mereka secara personil siap untuk mengawal pendistribusian dan seluruh proses pemilu sampai selesai,” tuup Orias Langmau. (*pepenk)



TAG