Hari Ini Pemasangan Turo, Jalan di Dalan Kota Larantuka  Ditutup Sementara


IMG-20190415-WA0011

Zonalinenews.Com, Larantuka- Pemasangan Turo dilakukan serentak  hari ini Senin, 15 April 2019 melibatkan masyarakat Kelurahan Lokea, Lohayong, Pohon Sirih, Balela serta Larantuka Kecamatan Larantuka Kabupaten Flores Timur (Flotim) Nusa Tenggara Timur (NTT).

Kegiataan tersebut dimulai sejak pukul 07.00 – 09.00 oleh masing-masing kelurahan, sepanjang rute utama Perayaan Pekan Suci dan Prosesi Semana Santa.

Selama berlangsungnya Tikam Turo, jalur tersebut ditutup sementara waktu sampai selesai.

Pantauan media, usai melaksanakan gotong-royong segenap warga menikmati hidangan khas Larantuka secara bersama-sama. 

Tikam Turo sendiri merupakan pekerjaan membuat pagar secara gotong-royong  dengan bahan utama kayu. Tidak sembarang kayu yang digunakan sekain kayu “kukong atau kukung”, bambu bilah serta tali Gebang. Kayu setinggi kurang lebih dua meter ditancapkan ke tanah. Sementara bambu bilah diikatkan ke badan kayu menggunakan tali berbahan lokal. Pagar yang telah jadi nantinya dijejerkan lilin menerangi kota pada malam Prosesi. 

Dalam tradisi Semana Santa, sebutan Tuan Mardomu secara khusus disematkan kepada orang atau pihak yang mengambil peran utama “serewi nagi” mau berbakti kepada desa atau kelurahan setempat. 
Sebagai tuan pesta atau pemilik gawean kata Mardomu berasal dari bahasa latin “Maior” dan “Domus” yang berarti rumah besar. 

Tidak semua orang bisa menjadi Tuan Mardomu. Orang atau keluarga yang hendak menjadi Tuan Mardomu lasimya mengajukan diri di tahun sebelumnya.
Penetapan Tuan Mardomu ditandai dengan penyerahan “Punto Dama” atau lilin dari Tuan Mardomu tahun sebelum kepada Tuan Mardomu berikutnya.

Penyerahan Punto Dama melambangkan selesainya tugas Tuan Mardomu. 

Pasca Tikam Turo, dilanjutkan dengan pembuatan Armida. Pukul 14.00 dilakukan pembersihan dan penataan Kapela Tuan Ma serta pertemuan  Badan Pemerintah Confreria dan Aparat Kapela pada  pukul 17.00. (*Ritha Senak)