IMG-20190415-WA0014

Jelang Hari H Pencoblosan, Masih Ada Kekurangan di Tingkat TPS


IMG-20190415-WA0014

Zonalinenews – Kalabahi- Jelang hari H pencoblosan, masih ada kendala dan kekurangan serta perlengkapan lain terutama tripleks di tingkat TPS.

“Itu kewenangannya ada di KPU. Kalau dari kami, semua logistik harus tersedia sehingga tidak menimbulkan permasalahan di TPS pada saat pungut hitung. Kalaupun ada permasalahan maka teman-teman KPU harus bertanggungjawab dan mengklarifikasikannya,” kata Komisioner Bawaslu Alor Orias Langmau di ruang kerjanya Senin, 15 April 2019 siang.

Sementara terkait pengawasan pendistribusian logistik dari KPU ke tingkat PPK yang mulai dilaksanakan hari ini, Langmau mengatakan ada 13 Kecamatan yang siap didistribusikan.

“13 kecamatan tersebut ada 5 di Pantar, Lembur, Mataru, Alor Timur Laut, Pureman, Alor Selatan, Alor Timur, Lembur dan Alor Tengah Utara. Sementara 4 kecamatan lain rencananya akan dilakukan besok yakni, Alor Barat Laut, Teluk Mutiara, Kabola dan Pulau Pura,” ungkapnya.

Secara keseluruhan, lanjut Langmau, logistik yang didistribusikan ke tingkat bawah ada 5 jenis kotak suara di setiap TPS dan logistik lain seperti bilik, tanda pengenal untuk KPPS, saksi, formulir-formulir dan juga C6.

“Seluruh logistik yang ada, dari Bawaslu sendiri telah menugaskan 1 orang, 1 staf Panwas bahkan komisioner Bawaslu sendiri untuk mengawal proses pendistribusian sampai di tingkat Kecamatan,” tambahnya.

Secara kelembagaan, dirinya berharap logistik yang sudah sampai ke Kecamatan, PPK segera melanjutkannya ke tingkat TPS melalui KPPS.

“Masih ada beberapa 4 Kecamatan yang belum diturunkan karena adanya kekurangan baik surat suara (sekitar 21 ribu) dan C1 Plano. Hari ini semua kekurangan masuk dan kami berharap bisa langsung di sortir. Paling tidak besok seluruh logistik bisa sampai di TPS,” sambung Orias.

Anggota Komisioner Bawaslu Orias Langmau kembali berharap dukungan TNI, Polri dan Pengawas Pemilu agar pendistribusian logistik ini bisa berjalan baik dan aman sampai tingkat KPPS. (*pepenk)