Dinas Dukcapil Kota Kupang Butuh Penambahan Alat Pelayanan KTP – e Keliling


Foto : Plt Kadis Dukcapil Kota Kupang, Agus Ririmasse

Foto : Plt Kadis Dukcapil Kota Kupang, Agus Ririmasse

ZONALINENEWS.COM – KUPANG, Untuk pelayanan KTP – e terhadap warga Kota Kupang lebih maksimal dibutuhkan penambahan satu unit alat operasional pelayanan KTP – e keliling, agar pelayanan KTP – e tersebut bisa lebih mobile. Hal ini diungkapkan Plt Kepala Dinas (Kadis) Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Kupang, Agus Ririmasse kepada wartawan usai kegiatan penyerahan 16 Ribu e-KTP kepada warga Kota Kupang, Kamis 11 April 2019 di Lapangan Balai Kota Kupang.

Menurutnya, alat operasional KTP – e keliling tersebut dibutuhkan agar peleyanan e-KTP untuk warga Kota Kupang lebih maksimal.

“Kita berharap Pemerintah Kota (Pemkot) Kupang bisa membantu pengadaan satu uni alat KTP – e keliling ini agar kita bisa mobile ke Kelurahan – Kelurahan pinggiran. Seperti Kelurahan Naioni, Kelurahan Manulai, Kelurahan Fatukoa dan Kelurahan pinggiran lain – lain sebagainya. Harus diketahui KTP – e ini merupakan kebutuhan dasar dari masyarakat, maka itu kami semua tim Dinas Dukcapil Kota Kupang ini memiliki satu komitmen dan tekat untuk bisa melayani masyarakat dengan baik,” kata Agus.

Selain itu, lanjut Agus saat ini Dinas Dukcapil Kota Kupang memiliki Program Jemput Bola dan Antar Gratis.

“Semenjak saya dipercaya oleh pak Wali Kota menjabat sebagai Plt Dinas Dukcapil Kota Kupang, memang saya memiliki Program Jemput Bola dan Antar Gratis ini. Misalnya, masyarakat yang sudah datang ke Dinas Dukcapil Kota Kupang untuk proses KTP – e terkendala dengan jaringan maka kami suruh pulang saja. Nanti kita yang antar ke rumahnya. Dan Program Jemput Bola ini juga kami sudah lakukan di beberapa tempat seperti di Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Anak, Lapas Wanita, Lapas Dewasa dan di Mako Brimob yang mencapai 10 Ribu KTP – e,” ungkap Agus.

Dia menambahkan, dengan adanya distribusi 16 Ribu KTP – e ini kedepan pelayanan KTP – e di Dinas Dukcapil tersebut sudah mulai normal.

“Penyerahan 16 Ribu keping KTP – e ini adalah KTP – e milik warga yang sudah melakukan perekaman sejak tahun 2012 – 2019,” jelas Agus.

Sementara itu Anggota Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Kupang, Zeyto Ratuarat menilai, penambahan perlangkapan mesin KTP – e tersebut pada Dinas Dukcapil Kota Kupang adalah hal yang wajar. Sebab, kondisi saat masalah yang terjadi pada Dinas Dukcapil Kota Kupang adalah kekurangan dari alat perlengkapan – perlengkapan pencetakan KTP –e. sehingga pelayanan KTP – e oleh Dinas Dukcapil Kota Kupang terhadap masyarakat menjadi lambat.

“Harus diketahui KTP – e ini menjadi kebutuhan dasar masyarakat. Sebagai Anggota Komisi I DPRD Kota Kupang yang bermitra dengan Dinas Dukcapil Kota Kupang sendiri saya sangat setuju. Sebab, ini sangat penting. Maka itu permintaan dari pihak Dinas Dukcapil Kota Kupang melalui Wali Kota Kupang dan diteruskan ke DPRD Kota Kupang untuk menggunakan anggaran mendahului itu kita sangat setuju. Karena kita Komisi I sangat tau benar kondisi Dinas Dukcapil Kota Kupang saat ini dalam pelayanan KTP – e sudah lebih baik dari sebelum – belumnya,” kata Politisi Golkar itu. (*hayer)