IMG-20190410-WA0023

Songsong Pemilu 2019 Walikota Kupang Ajak Masyarakat Jaga Persaudaraan


IMG-20190410-WA0023

Zonalinenews-Kupang,- Menyongsong pelaksanaan pemilu serentak 17 April 2019 Walikota Kupang Dr.Jefirstson R. Riwu Kore mengingatkan agar seluruh masyarakat tetap menjaga persaudaraan.

“Jangan karena perbedaan pilihan dapat mengakibatkan hancurnya hubungan persaudaraan yang selama ini kita jaga dan pelihara bersama,” tutur Dr.Jefirstson R. Riwu Kore pada acara dialog Khusus di TVRI Kupang, pada hari  Senin 08 April 2019, pukul 18.00-19.00 Wita. diprakrasai oleh Kesbangpol Kota Kupang. 

Dialog dengan tema Pemilu Pileg dan Pilpres di Kota Kupang : Sukses, Damai dan Berkualitas-Bebas Pelanggaran disiarkan secara langsung TVRI Kupang dengan menghadirkan para nara sumber Walikota Kupang: Dr.Jefirstson R. Riwu Kore, MM, MH. Kepala Badan Kesbangpol Kota Kupang Noce Nus Loa, SH, M.Si,
Ketua Bawaslu: Januarius Nomleni, SH dan Ketua KPUD Decky Ballo, ST, MM.  dengan moderator/host David Natun S.Pd.

Walikota menegaskan pada prinsipnya sudah menjadi tugas pemerintah untuk mendukung penyelenggara pemilu baik itu KPU maupun Bawaslu untuk bersama-sama mewujudkan  pemilu yang sukses, aman dan berkualitas.

Berkaitan dengan itu  Kepala Kesbangpol kota Kupang Noce Nus Loa menjelaskan strategi dan upaya Pemkot untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam  menggunakan hak politiknya terus dilakukan  bekerjasama dengan KPU dan Bawaslu dengan melakukan sosialisasi dan pendidikan politik kepada seluruh unsur/elemen masyarakat pemilih bahkan dlm diskusi politik mendorong peserta pemilu yakni parpol dan caleg untuk melakukan pendekatan pemilih dari hati ke hati demi meraih pilihan hati yg sangat efektif meningkatkan partisipasi masyarakat pemilih.

“Cara ini berdampak bagi partisipasi pemilih karena semua pemilih telah memiliki pilihan dan ekspektasi yang dipertaruhkan kepada parpol maupun para kontestan,” jelas Noce.

Berkaitan dengan netralitas ASN, kata Noce Bapak Walikota Kupang dalam berbagai kesempatan sudah mengingatkan agar ASN tidak terlibat secara langsung dalam kegiatan politik praktis.  

Sementara itu Ketua KPU Kota Kupang Decky Ballo, ST, MM menjelaskan bahwa dari sisi KPU sebagai penyelanggara saat ini sudah selesai melaksanakan sortir surat suara yang diterima sebanyak 1.282.829 lembar yg sudah disortir dan ditemukan sebanyak 3.222 lembar surat suara yg rusak dan telah diusulkan untuk diganti oleh KPU pusat.

Hambatan dalam penyimpanan logistik kata Decky Ballo, sudah dikomunikasikan dengan bapak walikota untum mencari solusi.

“Diharapkan seluruhnya akan siap hingga saat pemilihan umum berlangsung pada tgl 17 april nanti,” tutur Decky Ballo, ST, MM.

Selanjutnya Ketua Bawaslu Januarius Nomleni, SH menjelaskan bahwa pada prinsipnya bawaslu melaksanakan 3 tugas utama dalam rangka sukses pemilu yaitu cegah, awas dan tindak.

” Atas dasar itu maka Bawaslu lebih fokus pada aspek pencegahan dalam rangka meminimalisir penindakan terhadap pelanggaran.,” tutur Januarius Nomleni, SH.

Sebagai penutup Walikota Kupang menghimbau agar peserta pemilu harus menyiapkan mental untuk siap menang dan siap kalah serta mendorong seluruh pemilih agar menggunakan hak politiknya pada tanggal 17 April 2019. (*tim)



TAG