2019 Pemkot Kupang Dapat Dana Senilai Rp 18 Miliar Lebih Untuk 51 Kelurahan


Foto Kepala BKAD Kota Kupang Jefri Pelt

Foto Kepala BKAD Kota Kupang Jefri Pelt

ZONALINENEWS.COM – KUPANG, Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kota Kupang, Jefri Pelt mengatakan, ditahun 2019 Pemerintah Kota (Pemkot)  Kupang mendapat alokasi dana kelurahan senilai 18 Miliar 870 juta dari pemerintah pusat.

Menurutnya, Dana tersebut akan diberikan ke 51 Kelurahan dengan besaran 370 juta rupiah untuk setiap Kelurahan. Penggunaan dana kelurahan ini ditujukan.

“Pengunaan dana itu untuk membangun sarana dan prasarana pelayanan publik dan pemberdayaan masyarakat di Kelurahan," kata Jefri Pelt kepada wartawan di Gedung DPRD Kota Kupang, Kamis 16 Mei 2019.

Menurut Jefri juga, dana untuk Kelurahan itu akan ditranfer dari Kementerian ke Kecamatan, dan akan masuk dalam Daftar Pengisian Anggaran, atau DPA Kecamatan. Namun, sesuai mekanisme penggunaan anggaran akan diatur melalui peraturan Wali Kota, atau Perwali.

“Khusus untuk Kota Kupang, dana Kelurahan akan difokuskan untuk pembangunan infrastruktur Kelurahan, maupun fasilitas umum lainnya. Sementara untuk pemberdayaan masih perlu dikaji lagi, mengingat Pemkot Kupang lewat dana APBD, sudah mengalokasikan Dana Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat, atau PEM,” ungkap Jefri. (*hayer)