IMG-20190531-WA0046

HIMBAUAN PWPM NTT MENUJU IDUL FITRI 1440 H


IMG-20190531-WA0046

Zonalinenews-Kupang, Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah (PWPM) NTT menghimbau kepada seluruh umat dan masyarakat NTT dalam rangka menyongsong 1 Syawal 1440 H yang tinggal menghitung hari agar tetap menjaga ketertiban dan keamanan.

Ajakan tersebut disampaikan Ketua PWPM NTT, Amin Tahir,S.Pd.I ketika ditemui di Gedung Dakwah Muhammadiyah NTT, Kamis 31 Mei 2019 usai buka puasa bersama.

Amin menyampaikan bahwa ramadhan merupakan training centre atau riyadhoh tsanawiyyah atau olah jiwa tahunan yang menekankan pada penciptaan diri taqwa, untuk menyemai nilai – nilai keadaban sosial berupa toleransi dan perdamaian, inklusifisme dan ukhuwah.

Agama Islam kata Amin adalah agama kosmopolit yang lebih menekankan pada aspek substansial islam atau ajaran islam serta mengsusung spirit keterbukaan lintas ruang – waktu, lintas etnis, lintas peradaban dengan wataknya yang bersifat lentur dan adaptif.

“Kami sangat berharap agar di hari fitrah nanti, kita sebagai warga bangsa selalu merawat kemajemukan, mewujudkan harmoni sosial yang berkemajuan.” ungkap Amin.

Amin berharap di Hari Raya Fitri membuka lembaran baru, wawasan dan pemahaman tentang Islam sebagai agama peradaban, agama pencerahan dan kemajauan menuju terwujudnya masyarakat sebagai peradaban alternatif.

” Ramadhan dan Idul Fitri dapat kembali membangun bangsa dan negara menjadi lebih baik lagi,” ucap Amin Tahir.

Namun di penghujung kata Amin kita merendahkan diri dan hati kita untuk saling bermaaf memaafkan pada sesama,.

“Karena itu di bulan Syawal yang baru, insya Allah bukan hanya kembali ke fitrah pribadi tapi kembali ke fitrah kita kepada bangsa yang selalu bersatu, saling menghormati dan menghargai saudara kita yang bukan seiman agar tetap menjaga toleransi yang antara sesama sebagai bentuk rasa persatuan dan kekeluargaan antar umat beragama,” jelas Amain Tahir.(*tim)