Foto : Salimah NTT Gelar Kegiatan Kelas Gizi Sehat

Jelang Bulan Ramadhan Salimah NTT Gelar Kegiatan Kelas Gizi Sehat


Foto : Salimah NTT Gelar Kegiatan Kelas Gizi Sehat

Foto : Salimah NTT Gelar Kegiatan Kelas Gizi Sehat

Foto : Salimah NTT Gelar Kegiatan Kelas Gizi Sehat

Foto : Salimah NTT Gelar Kegiatan Kelas Gizi Sehat

ZONALINENEWS COM – KUPANG, Jelang datangnya bulan suci ramadhan di tahun 2019,  Persaudaraan Muslimah (Salimah) Nusa Tenggara Timur (NTT) gelar kegiatan Kelas Gizi Sehat, Rabu 1 Mei 2019 di Aula Universitas Muhammadyah Kupang.

Kegiatan yang dirangkai dengan baazar dan demo masak ini dihadiri 128 peserta, termasuk Ketua Forum Majelis Taklim (FOSIMATA) Kota Kupang, Hj. Lies Bachita Badjideh yang juga pembina Salimah NTT. Selain itu juga dihadiri perwakilan dari PW Aisyah NTT, perwakilan Majelis Taklim se-kota Kupang, Kajian Akhwat IKKMAB, Guru-guru dari MAN dan MTs Negeri Kupang, serta mahasiswa UMK dan Poltekkes Kemenkes Kupang.

Ketua Panitia Gusnawati mengungkapkan, kegiatan kelas gizi sehat yang digelas oleh Salimah NTT tersebut merupakan salah satu kegiatan Sekolah Ibu Salimah Terpadu (Sister) Pra-Ramadhan. “Persaudaraan Muslimah (Salimah) Provinsi Nusa Tenggara Timur melaksanakan Kelas Gizi Sehat sebagai salah satu kegiatan Sekolah Ibu Salimah Terpadu (SISTER) Pra-Ramadhan 1440H/2019 M,” ungkapnya.

Menurut Gusnawati, kegiatan Kelas Gizi Sehat ini juga bertujuan mengajak ibu – ibu dan remaja putri, peserta kegiatan untuk belajar gizi seimbang selama berpuasa dan menyusun menu sehat untuk tiga puluh hari. “Pada saat bulan Ramadhan kendala yang sering kaum ibu hadapi adalah menentukan menu sahur dan berbuka. Kadang baru sahur sudah memikirkan menu apalagi untuk berbuka sore nanti, sehingga waktu ibadahpun tercuri untuk itu. Oleh sebab itu, kita berharap saat Ramadhan nanti, ibu-ibu tinggal mengeksekusi menu yang tersusun hari ini, sehingga waktu untuk ibadah dapat dimaksimalkan," katanya.

Sementara itu Ketua Salimah NTT, Wirda Husain Kasim menambahkan, bahwa bukan hanya Kelas Gizi Sehat yang menjadi kegiatan SISTER Ramadhan 1440H Salimah, tetapi juga ada Kajian Siroh dan Tafsir pada hari ketujuh Ramadhan. “Takjil Keliling selama bulan Ramadhan dan Halal bihalal pada pekan kedua setelah lebaran juga kegiatan yang akan kami lakukan di Ramadhan kali ini,” jelasnya.

Yulaeny Valensia, narasumber dan juga staf pengajar Poltekkes Kemenkes Kupang, dalam materinya menjelaskan empat prinsip Gizi Seimbang, antara lain, mengonsumsi makanan beragam, membiasakan perilaku hidup bersih, melakukan aktifitas fisik, dan mempertahankan serta memantau berat badan normal. “Pola makan saat berpuasa tidak ada perbedaan dalam kebutuhan kalori maupun kebutuhan gizi, hanya waktu mengkonsumsinya yang berbeda; berbuka, tiga puluh menit setelah berbuka, setelah tarawih dan sahur. Konsumsi makanan saat berbuka dilakukan secara bertahap, mengawali dengan air putih hangat lalu makanan/minuman dengan manis alami dalam jumlah yang wajar, hindari porsi besar, dan makanan terlalu manis dan tinggi lemak,” jelas Valen. (*hayer)