Jelang Bulan Ramadhan Warga Solor Gotong Royong Berisihkan Makam Leluhur


Foto : Kegiatan Warga Solor Bersih Makam Leluhur

Foto : Kegiatan Warga Solor Bersih Makam Leluhur

9

ZONALINENEWS.COM – KUPANG, Menjelang datangnya bulan suci ramadhan 1440H M umat muslim warga Kelurahan Solor, Kecamatan Kota Lama Kota Kupang Nusa Tenggara Timur NTT gotong royong bersihkan makam para leluhur di tempat pemakaman islam Kelurahan Solor Kota Kupang.

Ketua Pemuda Kelurahan Solor Fadly Keneng mengungkapkan, kegiatan kerja bakti bersih makam para leluhur serta makam sanak sodara warga Kelurahan solor tersebut sudah menjadi tradisi turun temurun.

Menurutnya, tempat pemakaman islam Kelurahan Solor sangat berbeda dengan pemakam islam lainnya, karena tempat pemakaman islam Kelurahan Solor tidak memiliki petugas kebersihan sehingga gotongroyong untuk membersihkan makam masih menjadi tradisi yang kental bagi warga Kelurahan Solor. “Gotong royong untuk menjaga kebersihan makam disini sudah jadi tradisi kami, “kata Fadly kepada zonalinenews.com di Kelurahan Solor, Jumat 3 Mei 2019.

Dikatakan, tradisi gotong royong bersihkan makam tersebut dilakukan bukan saja bagi warga Kelurahan Solor yang beragama muslim. Namun, kegiatan yang penuh arti ini juga dilakukan bersama dengan warga Solor yang beragama Kristen dan Khatolik. “Kita di Kelurahan Solor ini bukan hanya muslim saja. Tapi ada juga warga yang non muslim yang beragama Kristen dan Khatolik. Kalau ada kegiatan sosial seperti ini kita sama – sama saling bahu membahu. Dan ini sudah menjadi tradiai sejak nenek moyang kita,” ungkap Fadly.

Selain itu, goton royong bersikan makam ini juga, lanjut Fadly sering dilakukan setiap hari minggu ketika musim hujan tiba. “Jadi kita disini itu kerja bakti untuk bersikan makam itu bukan untuk sambut datangnya bulan ramadhan saja. Tapi kegiatan seperti ini kita sudah sering lakukan ketika pada saat musim hujan. Karena ketika musim hujan itu rumput ilalang banyak tumbuh dan bisa menutupi kuburan. Sehingga dengan tidak adanya petugas kebersihan warga disini harus dengan cara gotong royong untuk membersihkan seluruh makam yang ada,” jelas Fadly.

Dia menambahkan, sebagai kaum millenial tradisi goto royong jaga kebarsihan juga di Kelurahan Solor sangat penting. Sehingga kesadaran warga peduli terhadap kebersihan bisa terjaga dengan baik. “Gotong royong untuk jaga kebersihan yang kita disini buat bukan hanya di makam saja tapi kebersihan lingkungan Kelurahan Solor. Menjaga kebersihan lingkungan itu sangat penting,” ujar Fadly. (*hayer).