IMG-20190531-WA0037

Kemendag Sidak Pasar, Pastikan Stok dan Harga Pangan Tetap Stabil


IMG-20190531-WA0036

Zonalinenews-Malang,- Kementerian Perdagangan (Kemendag) Republik Indonesia, Enggartiasto Lukita, melakukan Inspeksi mendadak (Sidak) ke Pasar Baru Lawang, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang. Jumat 31 Mei 2019.

Dalam sidaknya kali ini, Wakil Gubernur Jawa Timur (Wagub Jatim), Emil Elisitiano Dardak dan Plt Bupati Malang, Drs. HM. Sanusi, MM. serta Aparat Kepolisian turut dalam mendampingi Sidak Kementerian Perdagangan Enggartiasto Lukita.

Selain Pasar Lawang, Pasar Singosari juga termasuk dalam jadwal agenda tujuan Sidak Kementerian perdagangan hari ini.

Menurut Enggartiasto Lukita, Sidak pasar tersebut dilakukan untuk memantau harga serta pasokan pangan agar tetap stabil menjelang lebaran. Karena menurutnya, menjelang lebaran biasanya harga pangan melambung cukup tinggi.

“ini kita melakukan pemantauan langsung ketersediaan bahan kebutuhan pokok di dua pasar yaitu Pasar Lawang dan Pasar Singosari untuk memastikan stabilitas selama bulan puasa dan menjelang Idul Fitri,” tutur Kemendag.

Dikatakan juga oleh Enggartiasto Lukita, bahwa stok kebutuhan bahan pokok masih aman hingga lebaran 2019 nanti. Pihaknya juga menyebutkan kondisi beberapa harga jual kebutuhan bahan pokok lainnya juga masih stabil. Seperti gula misalnya.

“Hingga lebaran stok aman, kenaikan pun cukup wajar seperti gula, harga jualnya ada kecenderungan naik. Akan tetapi, masih di bawah HET (Harga Eceran Tertinggi),” tambahnya.

Di akhir sidaknya, Kemendag menegaskan mengenai komoditas pertanian, harganya juga tidak mengalami kenaikan. Seperti bawang putih dan bawang merah harga jualnya diklaim relatif normal.

“beberapa hari lalu sempat mengalami kenaikan untuk Bawang Merah dan Bawang Putih. Tetapi saat ini sudah normal kembali,” beber Enggartiasto Lukita.

Dari hasil pantauan awak media, selain memastikan stok dan harga, Kemendag juga tampak berintraksi langsung dengan para pedagang dan masyarakat untuk memastikan kondisi yang sebenarnya. (*SO)