Ketekunan Berinovasi Menghasilkan Sasando Bariton Pertama di Dunia


IMG-20190530-WA0022

Zonalinenews-Kupang,- Natalino Mella, Sarjana Arsitek lulusan Universitas Kristen Petra boleh diakui sebagai Inovator Sejati. Nat, demikian Ia dipanggil lewat ketekunanannya berhasil menciptakan Sasando dengan tampillan yang berbeda dibanding biasanya.

Dari Belajar Sasando secara otodidak Nat akhirnya paham akan kekurangan dan kelebihan alat musik ini. Perkenalan pertama Nat dengan Sasando yaitu saat ia harus memainkan Sasando dalam program Kapal Pemuda Asia Tenggara Jepang (SSEAYP) 2008 lalu. Dari situ Nat semakin mahir memainkan alat musik ini bahkan sesuai dengan motonya “ketika orang lain belajar memainkan, saya belajar menguasai”.

Nat mulai memahami cara kerja alat musik ini. Nat berhasil mengembangkan teknik 10 jari, dimana 10 jari dapat digunakan untuk menciptakan harmonisasi Sasando. Lewat Toko Onlinenya “Sasando Shop” Nat memperlihatkan kemampuannya mendesain dengan menjual Sasando akustik dan elektrik kreasinya dengan berbagai warna dan bentuk.

Sasando kreasinya tidak hanya dijual di Indonesia tetapi juga ke Manca Negara.Nat juga membuat channel sendiri untuk Sasando yang dimainkannya yang dapat dilihat di Youtube.com/NatalinoMella. Dengan Sasando kreasinya ia telah melatih banyak murid yang berasal dari berbagai tempat di Indonesia maupun beberapa negara di dunia dan beberapa muridnya bahkan telah menjadi pemain Sasando.

Sasandonya juga dipilih oleh seorang pemuda Amerika yang ingin memecahkan rekor dunia memainkan 100 alat musik dengan Sasando termasuk satu didalamnya. Nat menuntun pemuda tersebut tentang teknik memainkan Sasando. Pada tahun 2014 Nat juga berhasil membuat desain baru untuk Sasandonya dengan membuat bentuk yang lebih modern dan komposisi nada yang berbeda sehingga Sasando bisa dimainkan dengan lebih pas dalam wadah Konser. Sasando ini dinamainya “Mella Blackharp Sasando” dengan 36 string serta bentuk yang dibuat Elegan. Tahun 2016 Nat membuat lagi Sasando 54 string dengan warna warni dan komposisi nada yang sekali lagi berbeda dan tahun 2018 lalu Nat berhasil menciptakan Sasando Bariton pertama di dunia. Sebuah pencapaian dalam dunia musik yang patut dihargai karena melalui kerja keras yang panjang.Semua Sasando hasil kreasi Nat dapat dilihat di www.sasandoshop.com.

Sasando kreasi Nat juga menghasilkan timbre yang dapat dimainkan untuk semua jenis lagu seperti alat musik mainstream lainnya. Nat yang telah melanglang buana ke berbagai tempat didunia untuk memperkenalkan Sasando menyayangkan minimnya antusiasme masyarakat lokal NTT jika dibandingkan dengan antusiasme masyarakat daerah lain dan masyarakat luar negeri. Memang jalan ke depan memperkenalkan Sasando masih sangat panjang namun semangat Nat tak pernah padam.Ia bahkkan masih berniat terus berinovasi untuk lebih meningkatkan perfoma Sasando dan ia bangga karena dalam Event di tahun 2019 ini Sasando hasil kreasinya ditampilkan dalam acara Frankfurt Musik Messe 2019 di Jerman.

Demikian Natalino Mella sang Inovator yang bermimpi mewujudkan visinya menjadikan Sasando sebagai alat musik International yang bisa dimainkan oleh siapapun dari berbagai penjuru dunia.
(*tim)



TAG