Komunitas Alor Siap Berbagi Menggelar Adventure Ramadhan


IMG-20190520-WA0006

Zonalinenews- Kalabahi – Kumpulan anak muda lintas agama yang tergabung dalam Komunitas Alor Siap Berbagi (KASI) menggelar adventure ramadhan disejumlah masjid di Kecamatan Alor Barat Daya Minggu, 19 Mei 2019 pagi.

Masjid yang disambangi KASI diantaranya Masjid Babul Iman Maiwal Desa Pintu Mas, Masjid Muhajirin Bombaru Buraga dan Masjid At Taqwa Lerabaing.

Dihadapan pengurus masjid, Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Alor Muhammad Marhaban yang turut berpartisipasi dalam kegiatan ini mengatakan, KASI merupakan komunitas anak muda yang bergerak dibidang kemanusiaan.

“Ini komunitas sungguh luar biasa karena jarang kita melihat anak muda melakukan kegiatan seperti ini, yang tergabung pun bukan dari muslim saja tetapi non muslim juga. Dan di bulan suci ramadhan ini, mereka ingin berbagi dengan sesama,” kata Marhaban.

Lanjutnya, kegiatan ini bukan saja dilakukan di bulan puasa saja tetapi juga di perayaan natal dan hari besar agama lainnya.

“Ini yang dinamakan dakwah dengan memberikan sesuatu. Untuk itu kita harus bersyukur dan menyambut baik kegiatan ini. Jangan lihat nilai barangnya tapi niat tulus mereka,” harapnya.

Sementara Imam Masjid Muhajirin, Kaharudin Mansari dalam sapaannya menyampaikan kegiatan ini merupakan salah satu ibadah.

“Untuk itu, mewakili segenap umat dan masyarakat, kami hanya bisa mengucapkan rasa terima kasih dan penghargaan kepada KASI. Mudah-mudahan niat ikhlas nyamendapat ganjaran yang setimpal dari Allah SWT,” ucapnya.

Mansari pun menambahkan, kerukunan yang terjalin diantara masyarakat khususnya di pantai selatan terus terjalin dengan baik dan tetap bersatu.

“Sesuai dengan sejarah, kita terikat dalam satu darah yang tidak bisa terpisahkan satu sama lain baik antar muslim maupun dengan non muslim,” ujarnya.

Wakapolres Alor Kompol M. Arif Sadikin. S.I.K juga dalam adventure ramadhan menghimbau agar masyarakat ikut membantu menjaga keamanan dan ketertiban, bukan selama bulan puasa saja.

“Saya berterima kasih kepada masyarakat disini walaupun belum ada pos polisi tetapi sudah menjaga kamtibmas secara swadaya,” kata M. Arif.

Pantauan media, selain menyerahkan sembako, KASI juga menyerahkan generator listrik, BBM, bola lampu, pipa air dan beberapa alat untuk kebersihan masjid.

Turut berpartisipasi dalam adventure ramadhan KASI, Plh Dinas Pertambangan Rasyid Miran dan jajarannya, Komunitas Alor Trail Adventure. *(pepenk)