Menyambut Akreditasi Program Studi Pendidikan Matematika dan PGSD STKIP Muhammadiyah Kalabahi


IMG-20190516-WA0074

Oleh : Rahmad Nasir, M.Pd
Sek. Prodi Pend. Matematika/Anggota Senat STKIP Muhammadiyah Kalabahi

Zonalinenews;- Sejak didirikan pada tanggal 17 Oktober 2014 sebagaimana SK pendirian dari Mendikbud RI bernomor : 575/E/O/2014. STKIP Muhammadiyah Kalabahi mulai bergerak melaksanakan perkuliahan. Mahasiswa yang mendaftar berasal dari semua kalangan dan tersebar di hampir semua kecamatan di Kabupaten Alor. Sebagai salah satu Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) yang bergerak di bidang pendidikan, STKIP Muhammadiyah Kalabahi terus bergerak di tengah tantangan dan pasang surut jumlah mahasiswa yang mendaftar, pengembangan kampus mulai dari infrastruktur, dan mulai mengembangkan sumber daya manusia (SDM) baik secara kuantitas maupun kualitas.

Pasca pendirian, kampus langsung mengirimkan 12 orang dosen untuk studi lanjut S-2 di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) dan di tahun 2017 mengirim lagi seorang untuk studi lanjut S-2 di Universitas Negeri Makassar dengan konsentrasi matematika. Kini, kampus sedang mempersiapkan bidikan beberapa SDM untuk studi lanjut lagi baik dalam melengkapi 2 program studi yang telah ada yakni Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) maupun Pendidikan Matematika.

Kampus juga telah ancang-ancang untuk mendirikan program studi lain dalam rangka pengembangan kampus ke depan menjadi Universitas. Pengembangan SDM dimaksudkan untuk mengisi struktur pendidik/pengajar (dosen) maupun tenaga kependidikan seperti karyawan. Hal ini dimaksudkan untuk memperkuat kelembagaan kampus agar menjadi bermutu dan semakin dipercaya masyarakat Nusa Kenari.

Dalam hal infrastruktur, kampus sedang menyusun proposal peminjaman dana ke PP Muhammadiyah dalam rangka membangun kampus 2 di lokasi yang berbeda. Pada tahun 2018 terjadi penerimaan karyawan yang cukup banyak dan menambah semangat dan kepercayaan diri bahwa STKIP Muhammadiyah Kalabahi akan terus bergerak maju.

Hal ini memberikan energi positif dan semangat optimisme yang tinggi dari para tokoh Muhammadiyah Alor, pimpinan dan seluruh civitas akademika STKIP Muhammadiyah Kalabahi untuk yakin dan percaya bahwa STKIP Muhammadiyah Kalabahi sedang berkembang menuju harapan sebagaimana yang tertuang dalam visi misi STKIP Muhammadiyah Kalabahi.
Perjuangan mendirikan kampus Muhammadiyah di Alor bukanlah perkara mudah, para ayahanda dan tokoh Muhammadiyah Alor telah membangun komunikasi positif dengan berbagai pihak pada level Alor, propinsi hingga ke pusat/nasional.

Berbagai hal telah dikorbankan mulai dari tenaga, fikiran, uang dan berbagai resources lainnya pun ikut dikorbankan. Berbagai kendala dihadapi secara perlahan dan penuh kesabaran serta rasa tanggung jawab yang tinggi atas amanah persyarikatan yang ada di pundaknya. Perjuangan selanjutnya adalah melaksanakan segala agenda akademik maupun non akademik dalam menunjang Catur Darma Perguruan Tinggi yakni Penelitian & Pengajaran, Penelitian, pengabdian kepada masyarakat serta al-Islam Kemuhammadiyahan.

Sejak bersekolah di SMA Muhammadiyah Kalabahi di tahun 2005 saya mulai mengenal Muhammadiyah lewat pelajaran al-Islam Kemuhammadiyahan dan sistem pendidikan di sekolahnya. Sementara di Perguruan Tinggi S-1, saya tidak begitu konsen dengan Muhammadiyah kecuali melalui buku-buku Muhammadiyah terutama karena bergaul dengan salah satu teman saya yang ayahnya adalah tokoh dan pendiri Muhammadiyah di Maumere-Sikka yang kemudian beliau mengurus Kartu Anggota Muhammadiyah saya yang biasa disebut Nomor Baku Muhammadiyah (NBM).

Perkenalan saya dengan Muhammadiyah diperkuat saat memutuskan untuk melanjutkan studi S-2 di Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta. Sebagai tempat didirikannya Muhammadiyah, Jogja memberikan banyak pengalaman sejarah yang luar biasa. Beberapa kali berkunjung ke makam pendiri Muhammadiyah Ayahanda K.H. Ahmad Dahlan serta ikut mendengarkan tausiah ulama Muhammadiyah/pimpinan Pusat Muhammadiyah yang sering diadakan di Kota Jogja. Saat menjadi mahasiswa pascasarjana di UAD Yogyakarta, kami bahkan mengikuti pengkaderan Muhammadiyah yang disebut Baitul Arqom sebagai upaya mengenal Muhammadiyah lebih dalam. Saat ancang-ancang akan wisuda, teman saya yang dari Maumere mengajak saya untuk bergabung ke IKIP Muhammadiyah Maumere dan sontak saya setuju namun kenyataannya tak terpenuhi karena orang tua tak setuju karena orang tua berkeinginan saya harus terus berada di dekat mereka.

Untuk itulah di tahun 2016 saya kembali ke Kupang dan bersiap melamar ke Universitas Muhammadiyah Kupang (UMK) namun nasib berkata lain, seorang tokoh kampus Muhammadiyah Kupang yang biasa tampil di publik sebagai pengamat politik NTT (Ayahanda Dr. Ahmad Atang) menyarankan saya untuk kembali ke Alor untuk mengabdi di STKIP Muhammadiyah Kalabahi. Bersesuaian dengan keinginan orang tua maka saya akhirnya memutuskan untuk kembali ke Alor dan melamar di STKIP Muhammadiyah Kalabahi.

Pada tahun 2016 secara resmi saya diterima untuk mengajar di STKIP Muhammadiyah Kalabahi, saat itu belum ada dosen tetap yang bergelar S-2, semua sedang dalam proses perkuliahan S-2 di UMM Malang. Proses akreditasi gencar dimulai di tahun 2017 secara bergotong-royong semua pihak ikut berkontribusi secara maksimal. Kami dibagi dalam 7 tim sebagaimana 7 standar akreditasi sesuai regulasi dari BAN PT. Akhirnya dengan susah payah pengajuan akreditasi dapat kami ajukan di akhir tahun 2018. Mengapa harus segera sebelum tahun 2019, karena jika tidak maka regulasi 7 standar akan berubah menjadi 9 standar yang artinya semakin rumit.

Hasil akreditasi pun keluar setelah diadakan visitasi dari Kopertis dan BAN PT yakni program studi pendidikan Matematika dinyatakan berstatus terakreditasi yang artinya semakin memenuhi syarat untuk meluluskan atau mewisudakan mahasiswa.

Sementara asessmen lapangan untuk akreditasi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) jatuh pada tanggal 16 s/d 18 Mei 2019. Itu artinya sekitar sebulan pasca itu, hasil akreditasi PGSD akan keluar dan insha Allah memenuhi harapan semua civitas akademika maupun masyarakat Alor. Bagi kami ini sebuah pencapaian yang luar biasa setelah melewati berbagai badai rintangan. Banyak mahasiswa dapat diselamatkan nasibnya demikian juga tidak berdampak hukum bagi pimpinan yayasan pendidikan Muhammadiyah Alor serta pimpinan STKIP Muhammadiyah Kalabahi.

Rasa percaya diri dan optimis mulai hadir dalam hati dan fikiran kami, kami percaya kampus ini sedang bergerak maju dan menjadi kampus yang bermutu dan dipercaya masyarakat Kabupaten Alor dan propinsi NTT. Untuk itulah kepada putra-putri Alor yang sedang kuliah S-2 maupun S-3, kami berharap bisa melamar menjadi keluarga besar STKIP0 Muhammadiyah Kalabahi terlebih putra-putri Alor yang memiliki keterkaitan erat dengan Muhammadiyah. Kepada masyarakat Alor dan NTT, mari kuliahkan anak dan keluarga anda di STKIP Muhammadiyah Kalabahi. Fasilitas kami perlahan semakin memadai, SDM kami terus dikembangkan, manajemen dan struktur kelembagaan semakin profesional serta mutu kampus dari waktu ke waktu terus dibenahi. Kami ingin mendidik generasi bangsa menjadi guru-guru profesional yang dapat mengabdi mendidik generasi bangsa selanjutnya. Selamat kepada STKIP Muhammadiyah Kalabahi yang telah diakreditasi Program Studi Pendidikan Matematika dan telah asessmen lapangan akreditasi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD). Selamat mengemban amanah persyarikatan, umat dan bangsa. Jaya STKIP Muhammadiyah Kalabahi, Jaya Muhammadiyah.(*)