IMG-20190528-WA0000

PCTAI Pasuruan Gelar Buka Puasa Bersama Dan Santunan Lintas Agama


IMG-20190528-WA0001

Zonalinenews-Pasuruan – Organisasi Masyarakat (Ormas) Persaudaraan Cinta Tanah Air Indonesia (PCTAI) Cabang Kabupaten Pasuruan menggelar acara santunan Lintas agama dan buka puasa bersama, Senin 27 Mei 2019.

Acara di hadiri beberapa perwakilan tokoh lintas agama tersebut, yakni Dr Harmono (Budha), Putu (Hindu), Lauren (Katolik), Purwanto (Kristen), Aditya (Kejawen), Robin Cahyadi (Islam) dan Yudi (Konghucu). Acara ini diselenggarakan di Gedung Jami’atul Muzakkirin, Dusun Karang Nongko, Desa Karang Menggah, Kecamatan Wonorejo, Kabupaten Pasuruan.

Tampak hadir juga dalam acara, Kapolsek Wonorejo, AKP. Made Jayantara, beserta Bhabinkamtibmas, Babinsa serta Muspika Kecamatan Wonorejo.

Pantauan Zonalinenews kegiatan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya berjalan dengan nyaman dan penuh khidmat, sangat terasa nuansa Kebhinekaan, rasa persaudaraan sebangsa dan setanah air.

Dalam sambutannya kapolsek Wonorejo mengatakan, sangat senang dan apresiasi atas digelarnya kegiatan yang menghadirkan nuansa kebhinekaan berbangsa serta menjaga kondusifitas.

“Saya sangat senang sekali melihat indahnya Kebhinekaan bangsa kita, mari kita satukan tekad bagaimana menciptakan situasi yang kondusif, dan jangan mudah terprovokasi oleh berita – berita yang kurang jelas darimana sumbernya (Hoak), saya yakin Agama manapun tidak ada yang mengajari kekerasan dan kebohongan,” Kata AKP. Made Jayantara.

Ia menghimbau kepada semua peserta yang hadir untuk bersama-sama menjaga ketertiban, keamanan, kedamaian untuk terciptanya kerukunan antar umat beragama.

“Mari bersama-sama menjaga ketertiban, keamanan, kedamaian demi terciptanya kerukunan antar umat beragama,” pungkas Kapolsek.

Sementara Ketua DPC PCTAI dalam sambutanya mengatakan, terkait mengurai perselisihan bisa dimulai dari organisasi. Pasalnya organisasi merupakan miniatur kecil Indonesia. Dan meskipun kegiatan dilaksanakan di gedung Shiddiqiyah, yang mana organisasi yang berasaskan islam, namun bukan menjadi suatu permasalahan untuk dilakukan kegiatan lintas iman.

“Dapat kita lihat secara nyata, kita bukan dari agama Islam semua, tetapi dari lintas agama, ini merupakan miniatur indonesia secara nyata, rasa saling menghormati, rasa saling toleransi ada disini. Kita saja yang disini bisa bersatu tanpa adanya perpecahan. Masak diluar sana cuma gara-gara pesta demokrasi bisa pecah belah,” jelas Budi Kelana Jaya, selaku Ketua DPC PCTAI Kabupaten Pasuruan.

Hal senada serupa juga disampaikan oleh Sama’i Mulya, selaku Ketua Ndankoti Pemuda Pancasila (PP) Kabupaten Pasuruan yang juga turut hadir dalam acara tersebut, dia menaruh harapan besar terhadap kegiatan kebhinekaan ini. Apalagi, jika melihat situasi dan kondisi bangsa pasca pemilu.

“Sebagai kader bangsa, pemuda memiliki kontribusi untuk Indonesia kedepan,” Pungkasnya. (*SO)