Rekomendasi Tidak Wajib Dipatuhi


IMG-20190519-WA0001

Oleh : Piter Hadjon, SH
Penulis Adalah pengacara di Kota Surabaya

Zonalinenews,- Jangan dulu GR dengan pernyataan ketua DPRD Flotim yang akan merekomendasikan penundaan pembangunan gedung DPRD.
Bisa aja hanya abang-abang lambe ataupun serius dan benar sekalipun akan mengeluarkan rekomendasi namun jangan sampai hanya sekedar melemparkan tanggung jawab kesalahan kepada pihak pemda dg dalih “Dewan sudah merekomendasikan tapi pemda tidak menggubris”.

Rekomendasi tidak wajib dipatuhi atau jika tidak diturutipun tidak ada sanksi, apalagi terciptanya proyek tersebut juga andil DPRD sehingga secara formal hukum tidak ada cacat yuridis kecuali cacat substansi yg ramai diperdebatkan karena melanggar perda tata ruang dan skala prioritas pembangunan.

Semestinya Pemda tidak sulit menunda bahkan menghentikan proyek pembangunan gedung DPRD dan tidak akan merugikan pemenang tender karena belum Financial closing,masih tahap persiapan, belum mulai dibangun. Pihak kontraktor belum mengeluarkan biaya apapun, coba bandingkan dengan proyek semenisasi Lorong di kelurahan Lewolere, walau sudah ada droping material di lokasi ternyata dengan mudah dihentikan oleh sang Bupati.

Karena rekomendasi DPRD tidak wajib dipatuhi oleh pihak pemda maka dibutuhkan good will dari pemda untuk menghentikan atau menunda proyek yg tentunya sudah pasti menghambat serapan anggaran.

Tapi semuanya kembali kepada asas manfaat atau efisiensi, mana yang lebih bermanfaat, tunda proyek pembangunan gedung DPRD atau melanjutkan pembangunan yang mengorbankan proyek yang masuk dalam skala prioritas.
Yang terpenting adalah menekan ego dan arogansi kekuasaan demi kesejahteraan masyarakat Lewotanah.

Menunda atau menghentikan proyek bukan berarti tunduk pada tuntutan para pendemo tapi suatu pemerintahan yang baik adalah senantiasa mengoreksi suatu kebijakan yg keliru secara contrarius actus. Justru itu mencerminkan suatu pemerintahan yang bermartabat dan berwibawa.Tidak perlu ada demo tandingan yang menuntut melanjutkan pembangunan gedung DPRD karena sebuah kebenaran obyektip tidak ditentukan oleh demo dan kontra demo, tapi penalaran…Semoga.(*)



TAG