Satgas Pangan NTT Pantau Pergerakan Pasar, Pastikan Harga Bahan Pokok Stabil


06b7dc9a-f67b-4348-965d-c32b90b5f900-1-660x330

Zonalinenews-Kupang,- Untuk memastikan kebutuhan bahan pokok masyarakat tetap stabil Satuan Tugas (Satgas) Pangan NTT, akan terus memantau harga-harga kebutuhan Pokok masyarakat serta melihat pergerakan harga bahan pangan di pasar.

“Sejauh ini, harga kebutuhan pokok masih stabil. Jika (harga) sudah bergerak maka kami akan ambil langkah,” ujar Ketua Satuan Tugas (Satgas) Pangan NTT, Kombes Pol Heri Tri Mariyadi yang juga Dir Reskrimsus Polda NTT, Selasa 28 Mei 2019.

Awalnya, kata Kombes Pol Heri Tri Mariyadi, Satgas Pangan kuatir dengan harga bawang putih yang bergerak naik, namun saat ini harga bawang putih sudah stabil karena suplaier mendatangkan bawang putih dari Surabaya.

“Harga bawang putih sudah stabil. Harga kebutuhan pokok lainnya juga masih stabil dan tidak ada yang signifikan,” tambah mantan Wadir Reskrimsus Polda Papua ini.

Pihaknya mengakui kalau harga bawang putih di pasar-pasar masih dibawah Harga Eceran Tertinggi (HET) sehingga belum perlu dilakukan operasi pasar.

Jika hanya mengandalkan bawang putih produk lokal diakuinya tidak mencukupi kebutuhan masyarakat sehingga ada impor bawang putih dari Jawa ke NTT.

Diakui nya kalau jelang hari raya Idul Fitri justru ada indikasi kenaikan harga bawang putih namun sudah mulai stabil. Sementara pada hari raya natal justru harga daging terutama daging ayam yang mengalami kenaikan.

Ia meyakinkan kalau harga kebutuhan pokok ini tetap stabil hingga hari raya namun kedepan jika ada kenaikan harga di pasaran dan diatas HET maka perlu dilakukan operasi pasar.

Ia berharap Dolog dan Dinas Perdagangan serta instansi terkait yang merupakan bagian dari Satgas Pangan agar membantu memantau harga kebutuhan dan segera berinisiatif jika ada indikasi kenaikan harga kebutuhan pokok masyarakat.

Sepanjang pantauan hingga saat ini, harga kebutuhan tidak mengalami kenaikan dan masih stabil.(*tribrata Humas Polda NTT)



TAG