Wardi Kupang-NTT Peserta AKSI INDOSIAR 2019 (Da’I Muda Harapan Umat)


IMG-20190525-WA0022

Oleh : Rahmad Nasir
Pengajar STKIP Muhammadiyah Kalabahi

Ketik sms AKSI (Spasi) WARDI kirim ke 97288

Zonalinenews, Sejak aktif menonton acara AKSI Indosiar 2019 yang ditayangkan setiap subuh menjelang sahur, saya semakin tertarik dengan acara yang sangat positif karena berlangsungnya kompetisi yang positif dan merupakan kaderisasi Da’I muda se-Indonesia dan bakal menjadi ulama masa depan Indonesia.

Saya sangat berbahagia karena salah satu peserta AKSI yang lolos hingga tahap 9 besar adalah adik, kakak, anak, keluarga kami WARDI yang berasal dari Kabupaten Alor. Meski membawa nama Kupang sebagai identitasnya di ajang tersebut namun semangat identitas sebagai orang Alor begitu kuat dan mendapat dukungan dari keluarga Alor dan masyarakat NTT. Salah satu harapan kader NTT adalah saudara AMIN yang juga adalah kebanggaan Flores dan NTT pada umumnya, sayangnya AMIN harus mudik di tahapan 12 besar. Kini WARDI adalah putra NTT satu-satunya yang masih bertahan hingga 9 besar ini.

Untuk itulah sebagai masyarakat NTT dan umat Islam di NTT, sangat berharap dukungan moril berupa motivasi dan doa serta materi berupa dukungan sms dari seluruh masyarakat NTT. Maraknya dukungan mulai terlihat dari keluarga besar SD Cokroaminoto Kalabahi, MTs. Negeri 01 Alor, MAN 01 Alor, Pesantren Cijantung Alor, STIIT Kupang, HMI Cabang Kupang, keluarga besar Wetabua yang sering mengadakan acara nonton bareng, keluarga besar Baranusa dan keluarga besar Alor yang ada di Kupang, seluruh NTT bahkan yang ada di luar NTT. Saya yakin dukungan akan semakin besar di babak 9 besar karena kuatnya persaingan di antara peserta yang juga memiliki kualitas yang tidak kalah menarik.
WARDI pernah berkompetisi di ajang AKSI KIPMA, suatu kompetisi bakat seni Islam termasuk lomba Da’i/Da’iah di Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Kupang yang pesertanya berasal dari mahasiswa-mahasiswa Islam se-Kota Kupang dan Alhamdulillah mendapat juara. Tentu pada ajang kali ini dengan level yang lebih tinggi diharapkan tetap mendapat prestasi yang cemerlang bukan hanya untuk dirinya namun juga untuk Flobamora tercinta.
Tampil membawa ciri khas budaya Flobamora dan Alor di kanca nasional membuat orang tersentuh batinnya untuk bersimpati dan berempati dengan perjuangan WARDI di ajang AKSI Ramadhan 1440 H kali ini. Meski ini adalah acara yang bernuansa Islami, namun yang lebih mengharukan lagi adalah adanya dukungan yang semakin masif dari keluarga yang beragama Nasrani. Buktinya saudara-saudara yang beragama Nasrani di Alor juga mulai masif menghimbau di media sosial untuk mengirimkan sms dukungan untuk WARDI bahkan sekelompok pemuda gereja membuat video singkat dukungan terhadap kesuksesan WARDI. Sungguh menyentuh batin kamanusiaan dan memupuk rasa persaudaraan antar umat beragama. Saya juga teringat saat salah satu kader terbaik Alor bernama Andmesh Kamaleng yang berjuang di Ajang Rising Star Indonesia, meski saudara Andmesh beragama Nasrani, namun saudara-saudara yang beragama Muslim juga ikut aktif mendukung Andmesh hingga keluar sebagai juara di ajang bergengsi tersebut. Rasa persaudaraan orang NTT khususnya Alor Nusa Kenari tidak diragukan lagi karena terbukti sejak nenek moyang terdahulu, pembuktian dan pengakuan dari negara melalui Pemerintah Pusat akhirnya memberikan “Harmony Award” kepada Alor sebagai daerah dengan tingkat toleransi antar umat beragama terbaik.
Tampilnya WARDI di ajang AKSI Indonesiar 2019 berdimensi jamak, di samping sebagai ajang mencari bakat-bakat generasi muda Islam untuk diproyeksikan sebagai ulama Indonesia masa depan, juga sebagai ajang memupuk rasa persaudaraan antar umat yang berbeda agama. Tentu ini akan berdampak baik bagi harmonisasi hubungan antara orang Alor khususnya dan NTT pada umumnya. Untuk mewujudkan itu semua, saya berharap kepada para tokoh pemuda, tokoh masyarakat, tokoh agama yang ada di MUI NTT, MUI Alor, NU TT dan NU Alor, Muhammadiyah NTT dan Muhammadiyah Alor, HMI, IMM, KAMMI, PMII se-NTT, KAHMI NTT dan KAHMI Alor, komunitas-komunitas muslim seperti majelis taklim, Remas dan lain sebagainya, institusi-institusi pendidikan Islam berbagai level di NTT untuk menginstruksikan seluruh anggotanya untuk mendukung saudara WARDI dalam setiap tahapan ajang ini agar mendapatkan hasil terbaik. Dukungan sms juga merupakan bentuk dari sedekah jariyah untuk investasi akhirat kelak, mengapa demikian? Karena saat WARDI kembali mengabdi ke kampung halaman baik level NTT atau Alor khususnya akan memberikan manfaat bagi generasi muda Islam di NTT untuk ikut berprestasi dalam bidang keagamaan. WARDI insha Allah akan memberikan pelayanan kepada umat di daerah pelosok yang haus akan makanan rohani spiritual dan semakin memperkuat barisan dakwah Islamiyah yang moderat di NTT.

Jika Allah SWT mentakdirkan WARDI keluar sebagai pemenang, itu bukan berarti sms dari kita sekalian adalah satu-satunya faktor kemenangan, namun kualitas WARDI memang teruji karena diakui oleh para juri-juri handal di ajang AKSI Indosiar tersebut. Salah satu yang sering dikomentari adalah bacaan Qur’an WARDI yang terbaik dari seluruh peserta serta materi-materi yang disajikan aktual, menarik dan dipaparkan secara sistematis dengan dalil yang cocok dan jelas.

Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada basodara umat Kristiani yang ikut antusias mendukung Saudara WARDI. Terima kasih telah menganggap WARDI dan kita semua adalah bersaudara/berkeluarga dan harus hidup berdampingan secara rukun dan damai demi kedamaian Indonesia tercinta. Mari kita tunjukan kepada Indonesia dan dunia bahwa NTT, khususnya Alor adalah contoh bagi kemanusiaan.

Akhirnya, sekali lagi mari beri dukungan moril berupa doa dan motivasi serta ajakan kepada semua untuk mendukung saudara WARDI serta secara materil kita buktikan dengan dukungan sms. Ketik sms AKSI (spasi) WARDI kirim ke 97288.

Salam Flobamora
Salam Taramiti Tominuku
Salam Ite Kakang Aring.(*)



TAG