Benyamin Lola Sebut Terkendala Bukti Daftar Hadir, Kesra Guru Belum Direalisasi


Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi NTT, Benyamin Lola

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi NTT, Benyamin Lola

Zonalinenenews- Kupang,- Dinas Pendidikan dan Kebudyaan Propinsi NTT Belum merealisasi pembayaran Kesra guru triwulan I bagi 7 ribu lebih guru lingkup Pemerintah Propinsi NTT, karena terkendala bukti daftar hadir guru.

” Tentunya harus memperhatikan pengelolaan keuangan yang benar yang bisa dipertanggungjawabkan. Untuk pembayaran Kesra kita butuh bukti daftar hadir para guru di sekolah -sekolah,” Demikian diungkapkan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi NTT, Benyamin Lola ketika dikonfermasi terkait Kesra guru Kamis 13 Juni 2019 pukul 10.30 wita di gedung DPRD NTT.

Menurutnya terkait kesra pihaknya juga telah memberikan solusi atau mengambil langkah bila bukti daftar hadir guru belum dilengkapi maka dibuatkan surat pertanggungjawaban keterangan mutlak dari kepala sekolah bahwa apa yang akan dibayar, Kepala sekolah bertanggungjawab.

” Namun sampai batas waktu yang ditentukan hanya sedikit sekolah yang menyampaikan sedangkan yang lainnya belum. Bagaimana kita bisa mencairkan dana ini sedangkan dana tersebut mencapai kurang lebih 11 miliar dan itu bukan jumlah yang sedikit,” jelas Banyamin Lola.

11 Milliar itu untuk pembayaran Kesra triwulan pertama . “Daftar hadir dan ketidaktertiban mengiramkan bukti turut memberikan kontribusi bagi pelambatan pembayaran,” tegas Benyamin Lola.

Bukan berarti dengan pernyataan tersebut Dinas kata Benyamin Lola menghindari atau mau mencuci tangan terhadap persoalan ini .

” Oh tidak, segala sesuatu namanya pengelolaan keungan daerah atau keuangan Negara harus dapat dipertanggungjawabkan. Jangan sampai kita salah membayar kesra bagi guru yang tidak masuk kantor,” tegas Lola.

Untuk itu menurut Benyamin Lola harus diteliti berkas satu persatu. ” Karena sekolah-sekolah kita bukan hanya berada di suatu lokasi tertentu yang bisa dipantau setiap saat , namun tersebar di seluruh kabupaten di NTT,” ungkap Benyamin Lola.

Ketika ditanya wartawan kapan realisasi pembayaran kesra guru, Benyamin Lola berjanji akan merealisasinya dalam waktu dekat.

Ketika ditanya wartawan terkait janjinya ke Komisi V DPRD NTT pada rapat tanggal 26 dan 28 Mei 2019 akan membayar kesra guru sebelum Idul Fitri.

Benyamin Lola menjelaskan itu tadi karena terkendala bukti daftar hadir guru makanya belum terealisasi . (* tim)



TAG