IMG-20190601-WA0071

Bangun Kemitraan, KNPI Alor Silaturahmi Dengan Pemda


IMG-20190601-WA0071

Zonalinenews – Kalabahi – Upaya menyikapi berbagai dinamika pembangunan daerah dan membangun kemiteraan yang strategis dengan pemerintah daerah, Dewan Pengurus Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPD KNPI) Alor bersilaturahmi dan melakukan audiens dengan pemerintah Kabupaten Alor Rabu, 29 Mei 2019 pagi.

Ketua DPD KNPI Zackarias Mautuka saat audiens menyampaikan akan mendukung seluruh program pemerintah daerah dalam mewujudkan Alor Sehat, Alor Pintar dan Alor Kenyang dalam 5 tahun ke depan.

“Kami DPD KNPI Alor periode 2018-2021, siap membantu pemerintah mewujudkannya melalui pembangunan pariwisata yang berkelanjutan dan berbasis masyarakat lokal,” ungkap Zack.

Mautuka menambahkan seluruh program DPD KNPI di sepuluh Komisi dalam tiga tahun ke depan akan lebih fokus pada pariwisata karena Alor telah ditetapkan sebagai salah satu dari 5 Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) di NTT, dan 88 secara Nasional.

“Kami berharap, program-program strategis kami di sepuluh komisi yang sesuai dengan program-program di Organisasi Perangkat Daerah (OPD), dapat terinklusi dalam program OPD agar sumber daya yang kita miliki bersama ini dapat digunakan untuk memajukan visi bersama kita yaitu alor sehat pintar kenyang dan NTT yang bangkit dan sejahtera,” ucapnya.

Dirinya kembali mengingatkan pemerintah agar lebih peka dan tanggap terhadap dinamika pembangunan di daerah akhir-akhir ini, sebab, banyak sekali masalah yang lagi menjadi perhatian berbagai kelompok, komunitas bahkan organisasi kepemudaan dan aliansi.

“Saya percaya, orang-orang tua, senior-senior kita di pemerintahan mampu mengakomodir dan mengkolaborasi ide-ide dan gagasa-gagasan dari anak-anak muda untuk kepentingan alor ke depan yang lebih baik,” sambung Zackarias Mautuka.

Senada juga disampaikan wakil ketua III, Noh Kay yang meminta kepada pemda agar semua persoalan yang terjadi saat ini perlu diselesaikan dengan arif dan bijaksana.

“Ada masalah dana ekspo Alor Tahun 2018 dan masalah pembangunan SPBU di Alor Timur Laut yang sampai saat ini belum ada penyelesaiannya. Kami harap pemerintah dapat memberikan perhatian lebih kepada masalah-masalah sosial kemasyarakatan seperti ini,” pungkasnya.

Menanggapi pernyataan KNPI, Asisten I Amirullah mengatakan pemerintah sangat mengharapkan dukungan dari seluruh elemen, khususnya pemuda sebagai penerus kepemimpinan daerah dengan mengedepankan sinergitas dan kemitraan yang kritis, objektif namun santun dengan berbagai elemen, termasuk pemerintah sebagai mitra strategis KNPI.

“KNPI ini tergabung dari semua mantan aktifis yang adalah alumni dari masing-masing OKP cipayung maupun OKP kedaerahan lainnya. Karena itu, dalam mengambil langkah untuk turut serta mendinamikai pembangunan daerah, harus mengedepankan ide dan gagasan serta tindakan yang konstruktif dan produktif bagi kemajuan daerah,” kata Amirullah.

Lanjutnya, KNPI sebagai organisasi kader harus mampu menciptakan kader-kader penerus daerah dan bangsa ini ke depan yang lebih baik.

“Era saat ini saja sudah sulit, apa lagi hari esok dan hari-hari yang akan datang, butuh pemuda yang memiliki skil dan kompetensi diri di atas rata-rata untuk membawa daerah dan bangsa ini mampu bersaing secara nasional dan internasional,” ujarnya.

Amirullah juga menambahkan, masing-masing OKP dalam membangun kemitraan dan sinergitas dengan pemerintah, tentunya memperoleh bentuk resnpons yang berbeda pula dari pemerintah.

“Karena itu KNPI dituntut untuk teruslah menjadi organisasi yang mampu mewadahi seluruh OKP dengan latar belakang dan karakter yang berbeda-beda ini,” pungkas Amirullah. (*pepenk)