Data Berubah-ubah Bagian Keuangan Dinas P & K, Kesulitan Bayar Gaji Guru


Zonalinenews-Kupang;- Bagian Keuangan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) terkendala data yang berubah-ubah sehingga hal ini mengakibatkan pembayaran gaji guru mengalami kendala.

Masalah gaji guru sejak dirinya (Benyamin Lola) menduduki jabatan sebagai Kepala Dinas P & K, para guru menerima gaji diatas tanggal 10 atau 13 dan 14 tiap bulannya.

Namun, setelah dua bulan dirinya dorong (bekerja) bersama teman-teman dinas pendidikan akhirnya gaji tiap bulan bisa dibayarkan dibawah tanggal 10.

” Pada bulan Juli 2019 gaji akan terbayarkan pada tanggal 5 paling lambat dan paling cepat dibawa tanggal 5 dan itu lebih cepat lebih baik ,” tutur Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (P & K) NTT, Drs Benyamin Lola Selasa 25 Juni 2019 pukul 11.00 Wita di ruang kerjanya, ketika di konfermasi wartawan terkait masalah gaji guru .

Kesulitan yang dialami dalam pembayaran gaji menurut Benyamin Lola, guru (PNS) di NTT sebanyak 7 ribu lebih tersebar di seluruh kabupaten dan pembayaran dilakukan lewat rekening masIng-masing . Dari 7 ribu lebih guru ini data bisa berubah-ubah secara sporadis di 22 Kabupaten dI NTT.

“Itu berarti bahwa proses pembayaran gaji harus diverifikasi secara baik , bila salah bayar mau ditagih kembali repot dan akan menimbulkan masalah baru,” tuturnya

Benyamin menjelaskan teman-teman di Keuangan kesulitan dalam pencocokan data dan tiap bulan berubah-ubah

” Mungkin karena meninggal dunia, berhenti dan ditahan gajinya karena tidak melaksanakan tugas. Sehingga Masalahnya kompleks,” tutur Benyamin.

Sebelumnya Komisi V DPRD NTT pada menyayangkan ketidakmampuan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan NTT dalam pemenuhan hak guru diantaranya pembayaran gaji yang selalu terlambat diatas tanggal 10 setiap bulan, dana non sertifikasi yang tidak dibayarkan pada guru yang belum bersertifikas. Bahkan tambahan penghasilan bagi para guru sejak Januari 2019 yang belum terbayarkan serta insentif guru komite sekolah dan yayasan yang belum dibayarkan.(*tim)

Demikian catatan rekomondasi dari laporan hasil rapat kerja Komisi V terhadap laporan pertanggungjawaban pelaksana anggaran pendapatan dan belanja Daerah NTT Tahun 2018 pada Dinas pendidikan NTT, yang dibacakan anggota Komisi V , Aulora A. Modok. S.Sos pada sidang paripurna penyampaian hasil pembahasan komisi terhadap pertanggungjawaban APBD 2018, Selasa 18 Juni 2019 pukul 10.30 wita di ruang Kelimutu DPRD NTT.(*tim)





Leave a Reply