Ketua Banwaslu Kota Kupang Disidang di Pengadilan Negeri Kupang


20190620_114805

Zonalinenews-Kupang,- Ketua Badan Pengawas Pemilu ( Banwaslu) Kota Kupang Julianus Nomleni Kamis 20 Juni 2019 pukul 10.00 wita, disidang di Pengadilan Negeri Kupang sebagai saksi dalam kasus dugaan pengelembungan suara di TPS 07 kelurahan Oetete Kecamatan Oebobo Kota Kupang Provinsi NTT, dengan tersangka Frengky Sula.

Jalannya persidangan dengan agenda pemeriksaan Saksi di pimpin oleh Ketua Majelis Hakim, Y. TEDDY WINDIARTONO, S.H.,M.Hum, dan Anggota Pressetio Hutomo SH dan Reza Tyrama, hadir pula jaksa penuntut umum (JPU), Januarius Bolitobi, dan terdakwa Frengky Sula di dampingi tim kuasa hukumnya Novan Erwin Manafe, SH dan Bildad Torino Tonak, SH.

Julianus Nomleni dalam keterangan kepada majelis hakim menjelaskan terjadi perpindahan suara sehingga adanya penambahan suara pada Caleg PKPI Anselmus Djogo dari 74 suara naik signifikan menjadi 106 suara.

” Apa keutungan terdakwa dengan perpindahan suara pada suatu caleg yang signifikan itu ,” tanya majelis hakim…?

Julius Nomleni menjelaskan , perpindahan suara dengan sengaja sehingga merugikan caleg dan menguntungkan caleg lain.

Sementara JPU Januarius Bolitobi mempertanyakan kepada saksi soal Panwaslu di TPS 07, Jimi Bun memberikan laporan adanya persoalan perpindahan suara ke Panwaslu tingkat kecamatan dan diteruskan ke Banwaslu usai perhitungan suara di TPS 07.

Terkait itu tutur Julius persoalan ini muncul ketika ditemukan selisih suara saat pleno ditingkat kecamatan, lalu oleh PPK dan para saksi Parpol diteruskan Ke Banwaslu dan diteruskan ke Gakumdu setelah itu diklarifikasi dan diambil keterangan kemudian ditemukan adanya indikasi pengelembungan suara kemudian pihaknya teruskan ke Kepolisian.

Pada kesempatan itu kuasa Hukum terdakwa Novan Manafe mempertanyakan saksi soal mengapa hanya seorang yang ditetapkan sebagai tetsangka, padahal berdasarkan BAP di TPS 07 terjadi pergesaran bukan hanya di surat suara tingkat Kota melainkan tingkat propinsi, dan itu bukan mengutungkan satu caleg saja tapi dua lainnya. (* tim)



TAG