Pemuda Desa Capang Sulap Dinding Lorong Tol Menjadi Kreasi Karya Seni


Zonalinenews-Pasuruan,- Secara sederhana, Kreatif dan Inovatif bisa diartikan sebagai bagaimana bisa mengembangkan ide maupun gagasan lalu membuatnya menjadi sebuah karya yang menarik serta memiliki manfaat untuk orang lain.

Seperti pantauan Zonalinenews Selasa 25 Juni 2019 malam Yang mana menyaksikan sebuah lorong tol di jalan penghubung antara Desa Capang – Desa Pucangsari, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur (Jatim) mendadak ramai oleh kerumunan Pemuda Warga Desa setempat sedang menyulap tembok lorong dengan aneka kreasi lukisan.

Sejumlah gambar lukisan menghiasi dinding lorong di bawah Jalan Tol Malang – Pandaan (Mapan), tepatnya di Dusun Semambung, RT02/RW11, Desa Capang, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Pasuruan.

Saat dikonfirmasi oleh tim Zonalinenews.com perihal kegiatan yang dilakukan sejumlah pemuda tersebut, salah satu dari pemuda Kurniawan, mengatakan sejumlah gambar tersebut merupakan hasil kreasi buah tangan dari para pemuda setempat.

“Dinding lorong ini akan disulap menjadi pemandangan hasil kreasi para pemuda, kami ingin menunjukkan bahwa pemuda Semambung, Desa Capang itu eksis dalam berkreasi, salah satunya melukis lorong tol ini supaya tampak indah dan bersih di lihat, apalagi Pak RT dan Pak Kasun juga mendukung kegiatan ini, untuk lebihnya monggo langsung ngobrol sama Pak RT saja mas,” ujar Kuriawan kepada tim zonalinenews.

Sementara Mochammad Sutikno selaku Ketua RT02/RW11 Dusun Semambung, Desa Capang, saat ditemui dirumahnya pihaknya mengamini perihal yang di sampaikan tersebut.

“Benar apa yang disampaikan anak-anak, bahkan bisa dibilang saya dan Pak Kasun Abdul Basir yang menggerakkan, tujuannya yaitu agar lorong terlihat indah dan bersih. untuk materialnya semua hasil dari sumbangan yang diberikan oleh pengguna jalan yang melintas secara sukarela,” ungkapnya.

Dia berharap, tempat tersebut nantinya dapat menjadi sebuah Wahana Wisata serta menjadi pusat kreasi para pemuda-pemudi Desa Capang. Ia juga menyampaikan mempersilahkan kepada siapa saja khususnya semua warga Capang untuk berpartisipasi.

“Ke depan, kami akan kembangkan kreatifitas semacam ini, bahkan kami berinisiatif untuk mengembangkan sungai dibawahnya itu untuk menjadi sebuah wahana wisata, dalam waktu dekat insyaalloh sudah akan dilaksanakan kerja bakti pemuda, saya berharap dukungan serta peran semua warga capang khususnya pemuda untuk guyub bersama agar apa yang kita harapkan terwujud,” pungkasnya.

Suatu desa akan mampu berkembang pesat ketika semua elemen masyarakatnya terutama para generasi mudanya mampu berfikir kreatif untuk membuat karya-karya yang menarik. (*SO)



TAG