PT. DCC Tawar Pemkot Kupang Untuk Kerjasama Sistem Peyedia Air Bersih


Hadir pada kegiatan itu Penjabat Sekda Kota Kupang Ir. Elvianus Wairata yang didampingi oleh Kepala Bagian Kerjasama, Johanes Assan Dan PT. Presiden Direktur dari PT. DCC Jakarta David Suryabara dan Direktur Teknis PT. DCC Jakarta, Hery Syahrin, pada Kegiatan Presentasi Rencana Pengembangan Sistem Penyediaan Air Bersih Di Ruang Rapat Garuda Balai Kota Kupang

ZONALINENEWS.COM – KUPANG, PT. Dain Celicani Cemerlang (PT. DCC) Jakarta adalah perusahaan yang sudah berpengalaman dalam hal kerjjasama dengan pemerintah dibidang pengelolaan air baku yang berasal dari air permukaan untuk di distribusikan ke masyarakat. Hal ini diungkapkan Presiden Direktur PT. DCC David Suryabara kegiatan presentasi rencana pengembangan sistem penyediaan air bersih di ruang rapat Garuda Balai Kota Kupang, Rabu 26 Juli 2019.

Hadir pada kegiatan itu Asisten Ekonomi dan Pembangunan Sekda Kota Kupang Ir. Elvianus Wairata yang didampingi oleh Kepala Bagian Kerjasama, Johanes Assan serta para perwakilan D Presiden Direktur dari PT. DCC Jakarta David Suryabara inas Perencanaan Pembangunan Daerah, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman, Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Lontar, Bagian Hukum, Bagian Protokol dan Bagian Sumber Daya Alam. Dari pihak PT. DCC jakarta hadir pula Presiden Direktur dari PT. DCC Jakarta David Suryabara dan Direktur Teknis PT. DCC Jakarta, Hery Syahri.

Presiden Direktur dari PT. DCC Jakarta David Suryabara mengatakan, kehadiran mereka untuk bertemu dengan Pemkot Kupang untuk menawarkan kerjasama dalam pengeloalaan air bersih. Menurutnya, perusahan mereka juga sudah berpengalaman dalam kegiatan proyek instalasi pengolahan air bersih. “Proyek pekerjaan seperti ini kita sudah pernah kerja sama dengan daerah lain seperti Semarang dan Medan,” kata David.

Dia berharap dalam pertemuan ini bisa menghasilkan sartu kesepakatan antara Pemkot Kupang Dan PT. DCC agar kebutuhan air bersih bagi masyarakat Kota Kupang bisa terjawab. “Untuk itu jika kelak kerjasama dapat terlaksana, instalasi pengelolaan air baku akan berlokasi di Kali Dendeng dan Kali Liliba, sehingga pihaknya membutuhkan data memadai dari unit teknis pelaksana,” ungkap David.

Dia Menambahkan, ketika kerjasama ini sudah berjalan distribusi air kepada masyarakat dilaksanakan oleh PDAM. “Kerjasama antara Pemerintah Daerah dalam hal ini PDAM dengan badan usaha swasta adalah untuk mempercepat pemenuhan kebutuhan air bersih di suatu daerah. Pihak PT DCCC haya mendukung upaya pemerintah dalam melayani kebutuhan dasar masyarakat akan air bersih. Denagn engan visi misi perusahaan PT DCCC mendukung penyelamatan dan pelestarian bumi dari kerusakan lingkungan dengan pengolahan air yang berdaya saing dan berwawasan lingkungan, karena hanya mengelola air permukaan dan sedapat mungkin mengurangi eksploitasi air tanah yang akan berdampak buruk bagi lingkungan. Karena kami tidak bergerak dalam pekerjaaan sumur bor, ” kata David.

Sementara itu mangapi penjelasan dari pihak PT. DCC Jakarta Penjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Kupang Elvianus Wairata mengatakan, kota Kupang adalah daerah strategis karena Kota Kupang adalah Ibu Kota Provinsi NTT yang berbatasan dengan Negara Timor Leste ada Australia Barat. “Kota Kupang kota yang terus berkembang harus cukup air, cukup terang dan cukup bersih. Tapi yang menjkadi prioritas utama di Kota Kupang ini adalah air berasih karena untuk kebutuhan air baersih bangi masyarakat kota Kupang sendiri belum dapat terpehuhi dengan baik,” jelasnya.

Dia Menambahkan air juga adalah kebutuhan utama bagi masyarakat, sehingga air menjadi kebutuhan yang hakiki bagi manusi. “Maka itu saya minta instansi yang berkaitan harus bisa memberikan penjelasan yang baik terhadap pihak PT. DCC agar kita bisa memberikan ionfor masi yang akurat ketika kerjasama ini dituangkan bersama dalam memorandum of understanding (MoU),” pinta Elvianus (*hayer)