IMG-20190610-WA0018

Siswi SMP Ikut Turnamen Sepak Bola Anak Perempuan di NTT


IMG-20190610-WA0032

Zonalinenews-Kupang, Sebanyak 18 tim siswi Sekolah Menengah Pertama (SMP) mengikuti turmanen Kartini Cup tahun 2019 yang digelar 10 -15 Juni 2019, di lapangan Sekolah Sepak Bola (SSB) Bali United, Kota Kupang Propinsi NTT.

Ke – 18 tim tersebut terdiri 9 SMP di Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) dan 9 SMP di Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS).

Turnamen ini diselanggarakan oleh Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) atas dukungan dari Yayasan Plan International indonesia (Plan Indonesia), Yayasan Rumah Solusi Beta Indonesia (RSBI) dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Nusa Tenggara Timor (NTT)

“Turnamen sepak bola ini berawal dari tujuan Plan Indonesia sebagai lembaga yang memperjuangkan hak anak dan kesetaraan bagi anak perempuan dengan menginisiasi proyek ”Girls Football Project, ” kata Fundraising Director Plan International Indonesia Linda Sukandar Senin 10 Juni 2019 pukul 10.00 wita.

Tujuan dari project ini menurut Linda untuk memberdayakan anak, khususnya anak perempuan agar mampu mencegah perilaku beresiko dan mempromosikan kesetaraan gender di sekolah melalui sepak bola anak perempuan, serta melalui kemitraan yang kuat dengan pihak sekolah, orangtua, dan berbagai stakeholder.

“Melalui proyek ini, diharapkan dapat menjadi salah satu cara untuk mencegah perilaku beresiko dan mempromosikan kesetaraan gender, ” ucapnya.

Dalam kesempatan yang sama, anggota Esko dan anggota Ketua Komite Sepak Bola Perempuan (PSSI), Papat Yunisal mengatakan, kompetisi ini merupakan wujud dukungan PSSI terhadap proyek sepak bola anak perempuan yang digagas oleh Plan Indonesia bersama mitra implementasi yaitu RSBI.

Menurutnya turnamen sepakbola perempuan di tingkat provinsi ini, akan menjadi salah satu proyek percontohan pembinaan sepakbola wanita yang terintegrasi dengan kampanye pencegahan perilaku beresiko dan kesetaraan gender di sekolah dan komunitas.

” Turnamen sepak bola anak perempuan tingkat provinsi NTT ini, bertujuan memajukan sepak bola wanita khususnya di Provinsi NTT, mengembangkan keinginan dan talenta anak perempuan dalam bidang sepakbola, mencari dan mencetak pemain sepakbola perempuan yang dapat berprestasi ditingkat nasional,” ungkap Papat Yunisal. (*tim)