Wali Kota Kupang : Kontes Sapi Bisa Memberi Kesempatan Investor Untuk Investasi


Foto Sapi Kontes Di Kota Kupang

ZONALINENEWS.COM – KUPANG, Untuk meningkatkan kualitas ternak sapi di Kota kupang yang baik harus di adakan kegiatan rutin setiap tahun kontes ternak sapi. Hal ini dikatakan Wali Kota Kupang Jeffry Riwu Kore dalam sambutannya pada acara Penutupan Kontes Sapi di Kelurahan Naioni, Rabu 26 Juni 2019, sekira pukul 12.30 wita.

Dia mengatakan, kegiatan Kontes Sapi tersebut dapat menungjang kualitas sapi yang baik sehingga kegiatan tontes ini setiap tahun harus digelar. “Dengan kualitas ternak yang baik dapat memberikan kesempatan bagi para investor untuk berinvestasi di Kota kupang,” ungkap Jeffry.

Keberhasilan kegitan tersebut, jelas Jeffry karena ada keterlibatan dan dukungan dari pihak Fakulta Kedokteran Universitas Nusa Cendana Kupang. “Kami sangat berterimakasih kepada pihak Fakulta Kedokteran Universitas Nusa Cendana Kupang karena telah meminjamkan alat untuk memeriksa kesehatan dan reproduksi sapi yang hasilnya akan menjadi acuan bagi proses penjurian lomba,” pintanya.
Sementara itu Kepala Dinas Pertanian Dan Peternakan Kota Kupang Obed D. R. Kadji dalam laporan panitia dia mengatakan, tujuan kegiatan ini diselenggarakan adalah untuk meningkatkan minat dan memotivasi bagi para peternak dan pelaku usaha dibidang peternakan agar bisa meningkatkan produktivitas hasil peternakan, mengukur kemajuan dan perkembangan budidaya peternakan, meningkatkan kemampuan kelompok peternak dalam budidaya ternak serta meningkatkan investor budidaya ternak di Kota Kupang. “Sasaran kita kegiatan ini juga agar para peternak hewan saopi di Kota Kupang nisa jadi besar,’’ kata Obed

Sapi-sapi yang mendapat juara, lanjut Obed kemudian akan ikut kontes di tingkat Propinsi NTT Tahun 2019, yaitu pada tanggal 27 Juni 2019 dimana akan dilaksanakan penilaian sapi perwakilan kabupaten kota dengan masing-masing kategori yang dilombakan, kemudian pada tanggal 28 Juni 2019 acara puncak sekaligus penyerahan hadiah pemenang Kontes Tingkat Propinsi NTT. “Kontes sapi Kota Kupang telah mendapat juara berturut-turut sejak tahun 2014 hingga tahun 2018 dalam berbagai kategori,” ungkapnya.

Dia menambahkan, dari hasil kontes tersebut selama dua hari ini yang meraih juara adalah kategori sapi Bali Jantan Penggemukan dengan juara III Bertus Nomleni dari Fatukoa usia 4 tahun berat 423 kg, juara II Filter Ndolu dari Lasiana usia 3 tahun berat 308 kg, dan juara I Asar Dolu dari sikumana usia 2 tahun berat 371 kg. Untuk kategori Sapi Bali Jantan Bibit dengan juara III Mateos Ibu dari Belo usia 3 tahun berat 282 kg, juara II Bernadus Tokael dari Naioni usia 3 tahun berat 382 kg dan juara I Frits Aluman usia 2 tahun berat 270 kg. Kategori Sapi Bali Betina Induk juara III Leo Baitanu dari Belo usia 4 tahun berat 275 kg, juara II Veki Amnesi dari Naioni usia 3 tahun berat 235 kg dan juara I Asar Ndolu 4 tahun berat 307 kg. (*hayer)