250 Orang Calhaj Resmi Dilepas Wali Kota Kupang


Foto : Wali Kota Kulang Jefri Riwu Kore Bersama Calhaj Kota Kupang

ZONALINENEWS.COM – KUPANG, Rombongan calon jamaah haji (Calhaj) tahun 2019 asal Kota Kupang yang akan menjalani ibadah haji di tahan suci Mekkah resmi lepas oleh Wali Kota Kupang Jefri Riwu Kore, Senin 22 Juli 2019 di Balai Kota Kupang. Sebayak 250 Calhaj tersebut rencana akan diberangkatkan melalui Bandara Internasiol El – Tari Kupang pada 26 Juli 2019 nanti.

Wali Kota Kupang Jefri Riwu Kore dalam sambutannya sekaligus membuka acara tersebut mengatakan, Pemerintah Kota (Pemkot) Kupang ingin memberikan kesan baik dalam mendukung para Calhaj, oleh karena itu Pemkot Kupang berencana tahun depan akan menyediakan pakian seragan bagi para Calhaj yang akan dikerjakan oleh Dekranasda Kota Kupang sebagai cinderamata. Menurutnya, Pemkot Kupang juga memprirotaskan lebih banyak warga muslim di Kota Kupang untuk bisa berangkat beribadah ke tanah suci. “Masih banyak warga muslim di Kota Kupang yang berkeinginan untuk menjalankan ibadah haji tersebut. Namun, terkendala biaya, sehingga masih masuk dalam daftar tunggu. Oleh karena itu diharapkan agar kedepan kita lebih memprioritaskan warga Kota Kupang untuk berangkat haji,” ujar Jefri.

Dia mengatakan, Pemkot Kupang juga akan membantu umat muslim di Kota Kupang yang ingin menjalankan ibadah umroh ke tanah suci Mekkah. “Kita akan bantu para imam atau penjaga masjid yang belum pernah menjalankan ibadah ke tanah suci Mekkah dengan ibadah umroh,” ungkap Jefri.

Kuota haji di Kota Kupang, lanjut Jefri yang diberlakukan setiap tahun tidak dapat memenuhi Calhaj yang semakin bertambah setiap tagunnya. Sehingga Pemkot Kupang berniat untuk berangkatkan ibadah umroh bagi umat muslim di Kota Kupang. “Banyak saudara – saudara kita yang mempunyai niat yang sungguh untuk beribadah ke tanah suci, tetapi terkendala dana atau kesempatan, oleh karena itu Pemkot Kupang akan memberikan bantuan untuk ibadah umroh bagi imam masjid atau pengurus masjid di Kota Kupang secara bertahap,” katanya.

Dia menjelaskan, sesuai rencana kurang lebih 10 orang tiap tahun umat muslim akan diberangkatkan ke umroh oleh Pemkot Kupang. Namun, harus disesuaikan dengan kemampuan anggaran keuagan Pemkot Kuoamg. “Untuk seleksinya keberankatan umroh akan digelar secara terbuka dan melibatkan MUI Kota Kupang agar sasaran dan skala priotas Pemkot Kupang bisa tercapai. Yakni, memberangkatkan imam masji atau pengurus masjid di Kota Kupang,” papar Jefri.

Dia juga menambahkan, bahwa kegiatan seperti ini merupakan upaya Pemerintah untuk memelihara kebersamaan dan kerukunan antar umat beragama di Kota Kupang demi mewujudkan Misi ke 5 Pemerintah Kota Kupang (KUPANG RUKUN DAN AMAN), yaitu membangun Kota Kupang sebagai Rumah Besar Persaudaraan dan Kerukunan Lintas Suku Agama dan Ras, yang tentunya memerlukan peran seluruh pihak didalamnya. “Persaudaraan yang sudah kita bina akan menjadi satu kekuatan bagi kita untuk mewujudkan Kota Kupang sebagai kota dengan tingkat toleransi yang tinggi, serta rukun, damai dan sejahtera,” kata Jefri. (*hayer)