Bantuan Rumah Tak Layak Huni Desa Perak Dipertanyakan Berikut Daftar Nama Penerima


Foto Ilustrasi Sumber foto Wekepedia

Zonalinenews-Manggarai,- Berdasarkan Surat Keputusan kepala Desa Perak Kecamatan Cibal Kabupaten Manggarai NTT, Romanus Jantut dengan Nomor 8 Tahun 2019 tanggal 2 April 2019 menetapkan bahwa sebanyak 20 warga desa Perak yang kurang mampu sebagai penerima program bantuan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH). Namun ironisnya bantuan tersebut bisa diterima oleh keluarga mampu bahkan terdapat penerima memiliki rumah lebih dari satu unit.

Berikut daftar Nama Penerima Bantuan Rumah Tidak Layak Huni di Desa Perak
1. Bernabas Haman
2. Baltasar Naja
3. Venanaius Jenarut
4. Lodovikus Hekong
5. Andreas Marut
6. Herman Mandur
7. Stefanus Baga
8. Yohannes Do
9. Mateus Emon
10. Wengs Medik
11. Saverinus Nukarsi
12. Wihelmus Onjang
13. Lorens Gahi
14. Veronika Dasi
15. Maria Alfisukeasi
16. Tarsi Jedeot
17. Stefanus Domi
18. Stefanus Harun
19. Marsel Jhon
20. Elras Jeot.

Diberitakan sebelumnya Inspektorat Kabupaten Manggarai menilai Kepala Desa Perak keliru soal program Bantuan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) karena penerima program tersebut belum tepat sasaran.

Kepala Inspektorat Kabupaten Manggarai, Leok E P Sripurwati, S.H menilai kepala Desa Perak keliru dalam pendataan untuk penerima bantuan Rumah tidak layak huni tersebut.

“Rumah bantuan tidak layak huni itu kan khusus untuk masyarakat miskin, prinsipnya Rumah Tidak Layak Huni itu khusus masyarakat tidak mampu,” Pungkasnya Rabu 3 Juli 2019

Camat Cibal, Laurensius Jelamat mengatakan bahwa seharusnya aparatur desa itu tidak boleh menerima bantuan itu .

“Tidak benar itu pak, aparatur desa itu seharusnya tidak boleh dapat, kita malu sebenarnya Pak kalo dapat bantuan diutamakan aparatur Desa, ” tutupnya.

Kepala Desa Perak, Romanus Jantut dikonfermasi membenarkan bahwa ada aparatur Desa yang dapat bantuan rumah tidak layak huni tersebut.

” Ia benar ada beberapa aparatur Desa yang dapat bantuan Rumah Tidak Layak Huni tahun anggaran 2019 ini,” Pungkasnya kepada media ini melalui via telepon seluler 12 Juni 2019.

Berdasarkan data yang dihimpun Zonalinenews persyaratan umum penerima bantuan Rahabilitasi Sosial Rumah Tidak Layak Huni (RTLH).
Pertama, adalah penduduk setempat yang ditandai dengan KK dan KTP.
Kedua, temasuk dalam kriteria miskin dengan terdaftar dalam basis data terpadu (BDT).

Selanjutnya, calon penerima harus memiliki rumah dan tanah sendiri (bukan sewa atau milik orang lain). Kemudian, kondisi rumah tidak layak huni dan perlu direhabilitasi (bukan bangunan baru).

Terakhir bersedia memanfaatkan bahan bangunan rumah (BBR) dengan menandatangani perjanjian kesediaan dengan materai 6 ribu.(*Engkos Pahing)