Bentuk Kelompok Budidaya Rumput Laut, Dinas Kelautan Alor Berdayakan Masyarakat


Zonalinenews – Kalabahi – Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Alor Bidang Pemberdayaan Usaha Kecil, Pembudidayaan Ikan menggelar kegiatan fasilitasi pembentukan kelembagaan kelompok pembudidaya rumput Laut di Aula Tsap Pantai Sebanjar Senin, 8 Juli 2019.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Alor Rahmin Amahala dalam sambutannya mengatakan, program ini dijalankan sebagai upaya pemerintah memberdayakan masyarakat di pedesaan.

“Potensi-potensi alam dan sumber kekayaan lebih banyak tersedia di desa dan pemerintah melihat penting untuk diperdayakan,” kata Amahala.

Lanjutnya, dengan kegiatan ini juga, pemerintah terus memberikan motivasi dan dorongan agar masyarakat terus semangat memberdayakan potensi yang tersedia untuk sumber kehidupan dan ekonomi.

“Satu kabupaten/kota bisa maju kalau ada dukungan ekonomi dari desa. Namun, kebijakan pemerintah dalam mendukung pemberdayaan ini harus melalui sebuah lembaga baik BUMDes maupun koperasi,” sambungnya.

Dengan Demikian, tambah Kadis Rahmin, akan mempermudah permodalan oleh pemerintah bagi kelompok usaha tersebut.

Sementara Sekretaris Koperasi Koperasi dan UKM Alor Yustina Makunimau dalam penyampaian materinya menyampaikan, kelembagaan seperti koperasi sangatlah penting sebab, usaha akan terarah, terkontrol dan perencanaan usaha yang baik.

“Kalau hanya satu orang, tentunya dia tidak bisa memenej usahanya, baik perencanaan sampai pada produksi,” ujar Yustina.

Menurutnya, koperasi sebagai 1 lembaga punya peran penting karena dari lembaga ini terbangun kerjasama dan perencanaan yang baik dalam suatu usaha.

“Sekarang pemerintah lebih banyak memberikan bantuan peralatan dan permodalan lewat kelompok terutama koperasi. Dari koperasi juga akan memberikan keuntungan bagi seluruh anggotanya apabila dikelola secara profesional,” pungkasnya. (*pepenk)