Bumdes Desa Leraboleng-Flotim, Raup Keuntungan Puluhan Juta Setiap Bulan


Zonalinenews.Com, Larantuka Desa Leraboleng merupakan salah satu desa penghasil berbagai komoditi pertanian yang mumpuni dan dikenal luas. Diantaranya Kopi, kemiri, Kakao serta Kemiri.

Selain memiliki ragam hasil pertanian bernilai jual, desa yang terletak di Kecamatan Titehena Kabupaten Flores Timur Nusa Tenggara Timur juga terkenal sebagai lumbungnya Madu hutan dengan kualitas prima sebagai primadona unggulan lainnya yang mampu bersaing di pasaran.

Bupati Flores Timur Antonius Hubertus Gege Hadjon, ketika mengikuti kegiatan Pameran Kerajinan se-Kecamatan Titehana Selasa, 16 Juli 2019. 

Kabar geliat Bumdes yang sukses memanajemen serta mengakomodir hasil pertanian masyarakat setempat, berhasil menggelitik rasa ingin tahu orang nomor satu di Kabupaten terujung pulau Flores.

Tidak saja menikmati pameran buah karya tangan-tangan terampil masyarakat pedesaan, Bupati Anton menyisihkan sebahagian waktu mengunjungi Gudang Bumdes setempat sebagai penggerak roda ekonomi pedesaan.

Dari hasil bincang-bincang dengan beberapa orang pengurus, diketahui Bumdes Leraboleng mampu meraup keuntungan 30 juta rupiah perbulan.

“Sampai dengan bulan
ini diperkirakan keuntungan sudah mencapai 30-an juta” Jelas Bupati Anton kepada Zonalinenews melalui seluler.

Bagi Bupati,  keberhasilan tersebut sudah seharusnya menjadi cambuk bagi desa lainnya. 

“Ini sebagai motivasi bagi desa lain. Lain desa, tentu lain pula keunggulan yang dimiliki. Silahkan maksimalkan potensi yang ada, saya yakin Flores Timur bisa berubah ke arah yang lebih baik” Ujar Hadjon menutup pembicaraan. 

Sukses yang diraih Desa Leraboleng tentunya berdampak positif kepada ekonomi masyarakat setempat. Keberhasilan yang ada, tentu tidak datang begitu saja. Melainkan berkat usaha serta kerja keras berbagai pihak. 

Untuk diketahui,  Kecamatan Titehenana memiliki 14 desa dan semuanya telah dibentuk Bumdes dengan hasil pertanian sebagai fokus utama. (*tim)