Detik-Detik Tenggelamnya KM. Mina Rahayu, Tempat Praktek Raymundus Siswa SMK Yang Hilang


Teman-teman korban yang berhasil diselamatkan

Zonalienews.Com, Larantuka Sebelum badan KM. Mina Rahayu benar-benar tenggelem ke dasar lautan di malam naas  tersebut, sempat terdengar perintah sang Nakhoda kepada ABK serta para siswa praktek segera besiap diri mengenakan Life Jacket serta bekal selanjutnya terjun ke laut. 

“Semuanya, kenakan Life Jacket, bawa bekal seadanya. Bersiap terjun ke laut” Itulah suara dan perintah terakhir dari sang Nakhoda kapal naas tersebut. Selanjutnya, gelap dan dingin mulai menyergap. Itu yang kami rasakan. 

Kisah tersebut, didapat  dari salah seorang siswa SMKN 1 Larantuka yang merupakan salah satu rekan korban sekaligus saksi kejadian sampai pada detik-detik tenggelamnya Mina Rahayu Kepada Fransiskus Didu Bas Fernandez Kepala Sekolah SMKN 1 Larantuka ketika dirinya melakukan komunikasi dengan rekan Ray yang berhasil diselamatkan” Tutur Fernandez, memulai ceritanya kepada Zonalinenews.Com di kediamanya Selasa, 9 Juli 2019.
 
Ia mengatakan sebelumnya,  kabar musibah tersebut pertama kali disampaikan perusahaan tempat berprakteknya para siswa Nautica.

“Pada hari Minggu, saya disampaikan oleh perusahaan  tempat anak-anak (siswa) praktek. Katanya ada kecelakaan musibah yang menimpa Kapal Motor Mina Rahayu” Fernandez sedih.

Mendapat kabar yang tidak mengenakan, dirinya langsung berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait guna dilakukan pencaharian.

“Setelah itu, kita berkoordinasi dengan perusahaan dan Pol. Air Juana Kabupaten Pati untuk lakukan upaya pencaharian sampai dengan hari ini” ujarnya.

Raymundus merupakan Siswa Kelas XII dan salah satu dari 4 orang siswa asal Flotim yang baru dua minggu menjalani praktek Nautica dan merupakan satu-satunya korban yang dinyatakan hilang dalam tragedi KM. Mina Rahayu yang tenggelam di perairan Kangean Madura Jumat, 5 Juli 2019.

Para korban baru ditemukan dan diselamatkan oleh kapal ikan lainnya pada Minggu 7 Juli 2019 sekitar Pukul 10.0 (*tim)