Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kab Alor Gelar Rakor Program Inovasi


Zonalinenews – Kalabahi – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten (Kab) Alor NTT menggelar rapat koordinasi program inovasi, pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa di Aula Hotel Kenari Selasa, 2 Juli 2019 pagi.

Ketua panitia Machris Mau dalam sambutannya mengatakan, salah satu strategi yang dikembangkan dalam program inovasi dan pengelolaan pengetahuan desa adalah memicu munculnya inovasi dan pertukaran pengetahuan secara partisipatif.

“Melalui rakor ini, berbagai pikiran inovatif dan praktek cerdas peserta akan berpotensi untuk dikembangkan atau direplikasi ditempat lain dengan beberapa penyesuaian yang diperlukan,” ungkap Machris.

Ia menambahkan, rakor ini bertujuan untuk mensosialisasikan dan mendiseminasikan pokok-pokok kebijakan program, mereview tahapan perencanaan dan penganggaran desa menyangkut pengesahan, masalah termasuk menyusun strategi replikasi inovasi desa serta menyusun rencana kegiatan pelaksanaan program dan evaluasi pelaksanaan penyaluran dan penggunaan dana desa.

“Sasarannya, ada peningkatan kualitas penggunaan dana desa melalui berbagai kegiatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa yang lebih inovatif dan peka terhadap kebutuhan masyarakat,” lanjut tenaga ahli dana desa ini.

Wakil Bupati Alor Imran Duru sebelum membuka kegiatan ini menyampaikan, program inovasi desa merupakan strategi bagaimana basis pembangunan daerah di pedesaan memiliki sesuatu yang luar biasa.

“Program inovasi desa merupakan program pembinaan agar masyarakat mempunyai persepsi yang sama dengan pemerintah, lembaga resmi maupun tidak resmi dalam pembangunan daerah ini,” katanya.

Wabup Imran juga berpesan, kedepannya pengelolaan dana desa harus dilakukan secara baik lagi sehingga ada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Untuk itu saya berharap semua elemen baik instansi terkait, desa, LSM maupun pendamping, mari kita manfaatkan kesempatan untuk saling bertukar ilmu agar pengelolaan dan pembangunan dana desa bisa berjalan dengan baik,” pungkas Wabup Imran Duru. (pepenk).



TAG