Gandeng BPBD, TNI Gelar Penyuluhan Bentuk Desa Tanggap Bencana di Pailelang


Zonalinenews – Kalabahi- Upaya meningkatkan peran aktif masyarakat dalam menanggulangi bencana, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Alor bekerjasama dengan Kodim 1622/Alor lewat program Tentara Manunggal Membangun Desa TMMD ke 105 menggelar penyuluhan Membentuk Desa Tanggap Bencana. Kegiatan ini berlangsung di Aula Kantor Desa Pailelang Selasa, 23 Juli 2019 pagi.

Sekertaris BPBD Alor Esau Lobain mengatakan, salah satu tujuan dibentuknya Desa Tanggap Bencana adalah pemberdayaan sumber daya alam dalam menekan tingkat resiko bencana.

“Dengan demikian, akan menimalisir kehilangan nyawa maupun materi. Dari kegiatan ini juga kita dapat mengetahui langkah-langkah yang ditempuh apabila terjadi suatu bencana,” kata Esau.

Dirinya berharap kepada pemerintah desa dan warga agar ikut berperan aktif dalam pembentukan desa tanggap bencana ini.

Pada materi lainnya terkait administrasi kependudukan,
Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Alor Viktor Tanghana menyampaikan administrasi kependudukan merupakan penataan dan penertiban dokumen dan data kependudukan.

“Ini biasanya melalui pendaftaran penduduk, pencatatan sipil dan pengelolaan informasi penduduk serta pendayagunaan hasilnya untuk pelayanan publik, pemerintahan dan pembangunan,” ujar Tanghana.

Untuk itu Kadis Disdukcapil menegaskan, setiap warga harus bisa mengurus dokumen kependudukan baik Kartu Tanda Penduduk maupun Kartu Keluarga.

“Ini penting karena berkaitan dengan jati diri dari seorang warga negara,” pungkasnya. (*Tim/Pepenk)