Menumbuhkan Rasa Nasionalisme Generasi Muda Lewat Film Perjuangan


Zonalinenews – Kalabahi – Rasa nasionalisme generasi muda akhir-akhir ini perlahan terdegradasi oleh perkembangan zaman. Ini dibuktikan dari berbagai sikap dalam memaknai hal penting bagi negara.

Untuk menumbuhkan rasa nasionalisme khususnya generasi muda, Satgas TMMD 105 Kodim 1622/Alor menggelar nonton bareng film perjuangan bersama warga di Desa Pailelang Kecamatan Alor Barat Daya Kabupaten Alor Jumad, 12 Juli 2019 malam.

Simon Jemau kepada media mengatakan, dengan memperkenalkan anak dengan film-film perjuangan, akan berpengaruh rasa nasionalisme dan cinta tanah air.

“Zaman dulu kita selalu nonton film perjuangan seperti ini, bagaimana pahlawan merebut kemerdekaan kita tapi sekarang hampir tidak ada lagi. Anak-anak lebih tau ceritra sinetron saja,” ujar Simon.

Untuk itu dirinya berharap, hiburan rakyat seperti ini terus dilakukan setiap malam selama kegiatan TMMD ini berlangsung.

“Selain sekolah, hiburan begini bisa membantu anak-anak kami untuk lebih tau dan semakin cinta tanah air dan bangsa kita ini,” katanya singkat.

Jemau juga mengkhawatirkan, pengaruh budaya asing yang semakin kuat ini jika tidak diimbagi dengan acara-acara seperti ini akan mempengaruhi karakter anak.

“Jangankan rasa nasional dan rasa cinta tanah air, warisan budaya yang leluhur kita orang Alor kasi tinggal lama-lama bisa hilang,” pungkas Simon Jemau.

Perlu diketahui, rasa nasionalisme dan toleransi di Kabupaten Alor masih terjaga dengan baik walau terdapat banyak suku dan bahasa yang beragam.
Hal ini dibuktikan dengan penghargaan Harmony Award dari Kementerian Agama sebagai salah satu Kabupaten yang masih menjunjung tinggi kerukunan, toleransi dan keberagaman antar sesama.(*pepenk)



TAG