Meretas Yang Terisolasi, Membuka Yang Terbelenggu


Zonalinenews – Kalabahi ,- Meretas daerah yang terisolasi membuka belunggu jalan menuju kantong-kantong produksi hasil perkebunan masyarakat di Desa Peilelang merupakan wujud nyata dari Program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD ) ke -105 Kodim Alor.

Bupati Alor Drs Amon Djobo saat meninjau lokasi pekerjaan di kampung Tamal Muhuming menyampaikan apresiasi kepada TNI yang sudah membantu daerah ini dengan membuka jalan menuju kantong-kantong produksi hasil perkebunan warga Pailelang Kamis, 12 Juni 2019 siang.

“Kondisi fisik jalan ini masih terbelenggu oleh kehidupan masyarakat baik dari desa ke kota maupun sebaliknya. Mudah-mudahan dengan TMMD ini mampu memberikan dampak baik bagi masyarakat dari sisi pendapatan,” kata Amon Djobo.

Ia menyampaikan, TNI sebagai mitra dan sahabat masyarakat sudah memberikan karya nyatanya lewat kegiatan-kegiatan seperti ini.

“Kalau dulu sekitar 2 sampai 3 dasawarsa, saat kita sebut tentara atau polisi orang takut karena itu bicara soal perang Tapi sekarang tidak, mereka berperang dengan isolasi-isolasi fisik seperti ini demi kesejahteraan masyarakat, ” sambungnya.

Untik itu Bupati 2 periode ini kembali meminta peran dan dukungan masyarakat, pemerintah desa, kecamatan sehingga prigram ini bisa berjalan baik.

“Kegiatan ini bukan untuk nama tentara tetapi untuk kepentingan masyarakat dan daerah. Tahun ini sudah di Abad, tahun depan rencananya di Maritaing,” ujar Djobo.

Menurutnya, pembangunan instansi-instansi vertikal lebih banyak ke desa sehingga niat kemauan baik dan tulus ini harus dijaga sebagai bentuk pengabdian paa daerah dan bangsa.

“Sekali lagi kita sama-sama bantu. Dari pemda kami kucurkan 600 juta untuk mendukung program ini,” ungkapnya.

Terkait permintaan masyarakat untuk pengaspalan Bupati Djobo mengatakan pekerjaan ini hanya untuk menghubungkan wilayah kantong produksi.

“Kalau bisa gunakan dana desa untuk buat rabat beton. Tinggal membangun kesepakatan dengan beberapa desa tetangga untuk lakukan itu. Setiap tahun desa siapkan dana untuk cor, bertahap. Sekarang kita fokus untuk pembangunan jalur utama seperti dari Maiwal sampai Buraga dan beberapa titik lainnya di Abad,” sambungnya.

Dirinya juga kembali mengatakan, tahun ini pemda telah mempersiapkan sekitar 10 Milyar untuk pembangunan jalan hotmix dari Lerabaing ke Wakapsir Induk.

“Mudah-mudahan selama kepemimpinan saya bisa sampai ke Buraga juga sehingga semuanya konek,” tutup Amon Djobo *(pepenk)



TAG