Penyuluhan TMMD : Membangun Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Rakyat


Zonalinemews – Kalabahi – Kegiatan penyuluhan Tentara Menunggal Membangun Desa (TMMD) ke105 Kodim 1622/Alor berlangsung di Aula Kantor Desa Pailelang Kecamatan Alor Barat Daya Kabupaten Alor dengan tema Bersama TMMD Membangun Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat.

Penyuluhan ini menghadirkan Kasi Perlindungan Dinas Kehutanan Kabupaten Alor Artur Lalimuga S.P dan Sekretaris Dinas Sosial Daing Duru, S. Sos. MT bersama Kasubag Program Yane S. Rame, SE.

Artur Lalimuga S.P dalam pemaparannya mengatakan, Indonesia merupakan negara yang memiliki kawasan hutan terluas di dunia dan memiliki keanekaragaman hayati, namun semakin menurun akibat ulah manusia yang tidak bertanggungjawab.

“Intinya, kawasan hutan lindung dapat dikelola oleh masyarakat namun harus berdasarkan ijin usaha pengelolaan,” Lalimuga.

Sementara Sekretaris Dinas Sosial Daing Duru, S. Sos. MT bersama Kasubag Programnya Yane S. Rame, S.E memaparkan tentang tugas pokok Dinas yang dipimpinnya.

“Pada intinya bahwa semua apapun program yang diturunkan pemerintah sasarannya adalah masyarakat yang dikategorikan masyarakat miskin,” kata Daing Duru.

Sebelumnya, Dandim 1622/Alor saat menggelar coffee morning bersama pewarta beberapa waktu lalu mengatakan, program TMMD, selain pengerjaan fisik, ada juga program non fisik seperti penyuluhan kepada masyarakat tentang kamtibmas, hukum, kesehatan, bela negara, soial, pertanian, peternakan, penanggulangan bencana serta seni kratif seperti kerajinan tangan.

“Tujuan dari semua ini agar masyarakat mengerti dan memahami kegiatan TMMD secara menyeluruh, dalam membantu meningkatkan kesejahteraan rakyat,” ungkap Alumni HMI Ciputat ini.

Penyuluhan yang dipandu moderator Serma Muhajirin Samau ini berlangsung di Aula Kantor Desa Pailelang Selasa, 16 Juli 2019 pagi juga dihadiri Sekretaris Desa Pailelang Michail Kamaleng dengan jumlah peserta sebanyak 92 orang. (*pepenk)



TAG