Proyek Seragam Gratis Harus Tepat Waktu dan Terjamin Kualitasnya


Zonalinenews-Kupang,- Pakian seragam gratis bagi siswa- siswi , TK, SD/ MI , dan SMP/MTS Negeri dan swasta di Kota Kupang yang akan diditribusikan Agustus 2019 mendapat respon tanggapan dari aktifis PIAR NTT, Paul.SinlaEloE Jumat 18 Juli 2019 malam.

Menurutnya, Peningkatan kulitas pendidikan adalah hal yang urgen di Kota Kupang dan proyek bagi-bagi gratis baju seragam ini adalah bukan program yang tepat untuk membangun kualitas pendidikan di Kota Kupang.

Walaupun demikian, Paul berharap Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Kupang selaku Kuasa Pengguna Anggaran dan Pejabat Pembuat Komitmen, harus memastikan proyek ini berjalan tepat waktu dan terjamin kualitasnya.

” Hal ini penting agar Walikota Kupang tidak dipermalukan oleh siswa di Kota Kupang, karena tidak mendapatkan pakaian seragam sesuai jadwal yang dijanjikan dan tidak mendapatkan pakaian seragam sesuai kualitas yang ada pada kontrak,” tutur Paul.

Paul menjelaskan proyek pakaian seragam Siswa TK Formal, SD/MI dan SMP/MTs
bersumber dari APBD Kota Kupang TA. 2019 dengan Nilai Pagu sebesar Rp.6.448.500.000,00
dan merupakan proyek dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Kupang, selaku satker.

Paul menguraikan bahwa Kode Rencana Umum Pengadaan terkait proyek pakaian Seragam Siswa TK Formal, SD/MI dan SMP/MTs
adalah 20831728 dengan Nilai HPS: Rp.6.448.371.930,00

Lanjutnya jumlah peserta tender sebanyak 68 Perusahaan dan dimenangkan oleh PT. TEGUH KARYA SAPUTRA PRATAMA yang beralamat di Jln. Laksamana Yos Sudarso No. 155 SOE – TTS – Timor Tengah Selatan – Nusa Tenggara Timur.

” Harga penawaran,harga terkoreksi dan harga negosiasi adalah Rp.6.163.289.940,50 dan penetapan Pemenang dilakukan oleh.panitia pada tanggal 08 April 2019 dan kontrak pemenang ditanda tangani 15 April 2019,” beber Paul.

Sebelumnya diberitakan pendistribusian pakaian seragam gratis bagi siswa-siswi, TK, SD, dan SMP di Kota Kupang NTT akan dilaksanakan pada 1 Agustus 2019 mendatang.

” Semua pakaian seragam untuk siswa-siswi di kota Kupang akan tuntas didistribusikan sampai akhir Agustus ,” demikian diungkapkan, Sekertaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Kupang, Dumul Djami ketika diwawancarai wartawan soal distribusi seragam gratis bagi siswi di Kota Kupang Rabu 17 Juli 2019 pukul 10.30 wita di ruang kerjanya.

Menurutnya saat ini perusahaan yang memenangkan tender pengerjaan sedang merampungkan pekerjaan pembuatan seragam.

” Seusai launching oleh Walikota Kupang , pakaian seragam gratis belum bisa dibagikan karena sesuai perjanjian antara Dinas Pendidikan dan Pemenang tender barang 100 persen baru oleh pemenang diserahkan ke PPK untuk dicek kebenaran pengerjaan dan jumlah barang, setelah itu PPK menyerahkan ke Dinas Pendidikan bidang Dikdas, lalu oleh Dikdas membuat berita acara penerimaan setelah melalukan pengecekan dan setelah itu baru pemenang tender mendistrubusikan ke sekolah-sekolah,” jelas Dumul Djami.

Lanjut Dumul , pemenang tender akan menyerahkan hasil pengerjaan pakaian seragam ke PPK pada 25 Juli 2019, dan PPK akan menyampaikan ke Kepala Dinas untuk dilakukan pemeriksaan pada tanggal 26 Juli.

” ya…, paling lambat 1 Agustus barang sudah didistribusikan ke sekolah-sekolah, dan diperkirakan akhir Agustus rampung semuanya didistribusikan ,” ungkap Dumul Djami.

Ketika ditanya perusahaan yang mengerjakan tender pakaian seragam Dumul Djami menyatakan soal nama perusaahn dirinya tidak mengetahui secara pasti namum dengar-dengar nama pemiliknya, Pak Jhon dari Soe.

Dumul menambahkan jumlah total pakaian seragam bagi siswa-siswi baik TK, SD, SMP di Kota Kupang sebanyak 58 ribu lebih.

Pembagian seragam gratis bagi sebanyak 58.459 siswa-siswi TK, SD maupun SMP baik sekolah negeri maupaun swasta di Kota Kupang belum bisa terealisasi. Pasalnya pendistribusian seragam ke sekolah-sekolah akan dilaksanakan usai liburan. sekolah ( Senin 15 Juli 2019 mendatang)

Demikian diungkapkan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (P & K) Kota Kupang,
Filmon J Lulupoy, Spd. MM Sabtu 13 Juli 2019 pukul 11.30 wita

Menurutnya, teknis pembagian seragam dari dinas, didistribusikan ke sekolah-sekolah kemudian oleh kepala sekolah mendistribusikan ke wali kelas untuk diserahkan ke siswa.

” Dalam bulan ini ( Juli) dipastikan pembagian seragam akan selesai dilaksanakan,” ungkap Filmon.

Pengadaan pakian seragam gratis ditujukan bagi siswa-siswi kelas 1 sampai kelas 5 SD sedangkan SMP kelas 1 dan kelas 2 .(*tim)