Samuel Atakari : Kami Tidak Sengsara Lagi


Zonalinenews – Kalabahi – Samuel Atakari, Kakek tua renta mengatakan masyarakat Padang Baru tidak sengsara lagi

Hal ini disampaikan kepada media di Padang Baru Sabtu, 13 Juli 2019 petang ketika dirinya hendak membawa hasil kemiri untuk ditimbang ke kota.

“Kami bersyukur karena jalan kami ini sudah dibuka oleh bapak-bapak tentara dari bawah sampai masuk ke kampung,” katanya.

Lanjut Samuel, doa dan keinginan seluruh masyarakat selama ini terjawab sudah lewat program TMMD Kodim 1622/Alor.

“Kami capek sekali kalau harus bawa hasil perkebunan kami ke pantai (jalan utama ke Kalabahi) karena jalannya susah tapi sekarang jalan sudah bagus, kami bawa hasil juga tidak susah karena kenderaan sudah tembus disini,” ungkap Atakari.

Selama ini sambung Samuel Atakari, lama tempuh dari kampung Padang Baru ke jalan utama ke kalabahi bisa memakan waktu 1 hari.

“Biasa kami jalan pagi, sampai dibawah sudah sore. Sekarang kita turun juga cepat, kembali juga cepat,” bebernya.

Senada juga disampaikan Isak Lanpada yang mengatakan, kehadiran program TMMD sangat berpengaruh terhadap aktifitas warga.

“Yang paling kami rasakan ketika kami membawa hasil untuk ditimbang ataupun dijual ke pasar. Beban berat yang ada di pundak dan kepala kami selama ini sudah ringan. Hasil kemiri, ubi gatal, maupun sayur sudah bisa diangkut dengan kenderaan,” ungkapnya.

Untuk itu dirinya berharap agar Pemerintah Daerah khususnya Pemerintah Desa Pailelang untuk bisa memikirkan solusinya setelah pembukaan jalan ini.

“Mungkin setelah ini jalan ini bisa di cor atau aspal karena setelah bapak tentara buka, kita juga harus bisa pikir seperti apa supaya tambah baik lagi,” ujar Isak.

Dari pantauan media, selain kemiri, ubi gatal dan sayur paku, ada juga pohon cendana yang tumbuh subur di lahan warga Kampung Padang Baru.

Ibu Beth, wanita paru baya pun membenarkan itu sambil menunjuk pohon cendana di kebun miliknya.

“Ini pohon cendana yang kami tanam, tumbuh subur. Hanya anakan yang sulit didapat. Kalau jalan ini sudah baik kami mau cari anakannya di bawah, mudah-mudahan ada,” katanya.

Ia juga mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Kodim 1622/Alor lewat program TMMD nya. Kalau jalan sudah bagus begini kami juga cari hasil kemiri dan lainnya juga rajin. Kami bisa kumpul banyak dan bawa hasil ke pasar Moru ataupun di Kalabahi,” pungkasnya. (*pepenk)