Tingkatkan Pendapatan Warga Desa , TNI Gandeng Disnak Alor Beri Penyuluhan


Zonalinenews – Kalabahi – Dalam rangka meningkatkan pendapatan masyarakat khususnya dibidang peternakan, Kodim 1622/Alor lewat program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 105 menggandeng Dinas Peternakan (Disnak) Kabupaten Alor melakukan penyuluhan kepada warga Desa Pailelang Kecamatan Alor Barat Daya Kabupaten Alor di Aula Kantor Desa Kamis, 18 Juli 2019 pagi.

Drh. Asty Erfina Azis dalam pemaparannya mengatakan, untuk meningkatkan kualitas daging maupun ternak, perlu diperhatikan beberapa aspek.

“Salah satunya adalah kualitas pakan ternak yang harus baik. Potensi itu ada di daerah kita dan cukup tersedia, tinggal bagaimana kita mengolahnya menjadi pakan yang bernilai gizi tinggi bagi ternak,” kata Asty.

Dengan demikian lanjut Asty, bobot badan, kesehatan ternak akan baik yang pada akhirnya akan berpengaruh pada kualitas daging.

“Kalau ini sudah dipahami maka masyarakat bisa menjadi penghasil daging berkualitas. Otomatis berpengaruh pada pendapatan ekonomi. Ini perlu kerjasama dan dengan penyuluhan ini dapat meningkatkan kesadaran kita bersama,” ujarnya.

Menurutnya, hal lain yang perlu menjadi perhatian dalam pemeliharaan adalah penyakit ternak karena punya pengaruh yang signifikan terhadap suatu usaha peternakan.

“Yang perlu dijaga adalah kebersihan kandang ternak selain cara merawat ternak yang baik dan benar. Kita harus mengantisipasi sejak dini waktu-waktu penyebaran suatu penyakit. Namun terkadang, penyakit ternak bisa juga ditularkan oleh manusia,” ungkap Efrina Aziz

Dirinya berharap dukungan dan kerjasama perlu ditingkatkan antara masyarakat dan dinas terkait dalam mengelola suatu usaha peternakan.

“Dengan segala keterbatasan dari beberapa aspek kami akan mencoba membantu peternak baik dari sigi produksi dan pencegahan penyakit,” tutupnya. (*Pepenk/Tim)