Toleransi, Tangan Terberkati, dan Pembangunan Masjid Agung Al Fatah Kalabahi


Prosesi pemasangan bulan bintang Masjid (Kamusang) Masjid Agung Al-Fatah Kalabahi , Selasa 23 Juli 2019 pagi

Zonalinenews – Kalabahi – Sebagai generasi kemarin, hari ini dan mendatang, sejarah pembangunan Masjid dan toleransi di Kabupaten Alor harus terus dilanjutkan dan dikenang.

“Ini merupakan satu-satunya hal yang perlu dibina dan dijaga untuk kita yang hidup saat ini,” kata Bupati Alor Amon Djobo pada acara pemasangan bulan bintang (Kamusang) Masjid Agung Al Fatah Kalabahi, Selasa, 23 Juli 2019 pagi.

Masjid Agung yang megah ini, lanjut Amon, tentunya tidak diupayakan sendiri oleh panitia tetapi tangan-tangan yang terberkati yang datang dari banyak manusia termasuk dari non muslim.

“Artinya dukungan yang luar biasa untuk pembangunan rumah-rumah ibadah apakah itu Masjid, Gereja, Pura maupun lainnya. Ini menunjukan kerukunan dan toleransi kehidupan di daerah ini dalam mewujudkan rumah ibadah yang baik. Ini datang dari satu generasi ke genarasi lainnya,” ungkap Bupati Alor.

Amon Djobo berharap kepada jamaah agar tetap berhati agung dalam memuji dan membesarkan nama Tuhan seperti nama Masjid Agung.

“Hal-hal yang tidak pantas dan tidak patut yang ketika kita mulai meletakan batu pertama sampai dengan pemasangan bulan bintang hari ini, jangan ada yang pukul dada. Kalau demikian, nikmat hidup dan penyertaan Tuhan dalam pekerjaan kedepan tentunya tidak ada,” harap Djobo.

Sementara Ketua DPRD Alor Martinus Alopada dalam sambutannya menyampaikan, penguatan yang berkaitan dengan iman dan keagamaan merupakan hal yang tidak dipisahkan dari aktifitas pelaksanaan pemerintahan dan pelayanan kemasyarakatan.

“Untuk itu kami mendukung semua kegiatan baik ini. Semua harus bersinergi, seiring sejalan, sekaligus menumbuhkembangkan persatuan, kesatuan, kekeluargaan dalam bingkai NKRI terkhusus lagi dalam bingkai daerah kita tara miti tomi nuku, kakari opung anang,” ujar Martinus.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Wakil Bupati Alor Imran Duru, S.Pd, Dandim 1622/Alor Letkol Inf. Supyan Munawar S.Ag, Wakapolres Alor Kompol M. Arief Sadikin, pimpinan OPD Kabupaten Alor serta undangan yang hadir (*Pepenk)