700 Mahasiswa Ikut Seminar Nasional Pendidikan BEM Fkip Undana


Zonalinenews-Kupang;- Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Nusa Cendana Kupang, gelar Seminar Nasional pendidikan. Kegiatan itu dilakukan untuk menciptakan generasi siap menghadapi rovolusi industri 4.0.

Seminar dengan thema ‘Paradikma Baru Pendidikan dan Pembelajaran di Era Revolusi Industri 4.0’ itu dihadiri 700 Mahasiswa, tidak terhitung guru-guru se-Kota Kupang, Pengurus BEM, BLM, HMJ, ketua-ketua Jurusan dan Dosen se-Undana.

Ketua panitia Rianti Aprilia Feoh, kepada Zonalinenews, menyampaikan, tujuan kegiatan itu untuk menambah wawasan guru dan mahasiswa sebagai calon pendidik di era revolusi industri 4.0.

“Mempersiapkan mereka (Mahasiswa) menjadi guru profesional di era 4.0,” ujar Aprilia Feoh, Sabtu 24 Agustus 2019 di Aula BAK Undana, Kupang.

Lanjut Aprilia berterima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung sampai seminar akbar itu terselenggara, “Terimakasih, Tuhan berkati usaha kita semua” Tutur Feoh, terharu.

Yeter Tety Ketua BEM Fkip Undana, dalam Sambutannya mengatakan, pada zaman sekarang kita telah berada pada Era Revolusi Industri 4.0, tentu ini menjadi sebuah bonus dan tantangan besar bagi kemajuan pendidikan di Indonesia.

“Banyak hal yang mempermudah guru dalam mengajar, tetapi juga banyak masalah yang harus dihadapi guru dalam mengajar” Kata Yeter.

Era Revolusi 4.0, lanjut Yeter, membuat banyak pekerjaan manusia yang akan hilang, akibat pekerjaan- pekerjaan manusia itu kemudian digantikan oleh robot.

“Kedepan ada tantangan bagi seorang guru untuk bagaimana
menciptakan peserta didik yang kreatif, dan trampil dalam menghadapi krisis pekerjaan kedepan” Imbunya.

Yeter berharap para guru dan calon-calon guru, mampu
mempersiapkan diri secara baik guna memanfaatkan Era Revolusi Industri 4.0.

“Kita harus manfaatkan zaman ini sebagai sebuah bonus untuk menghadapi pekembangan teknologi, sebagai sarana pembelajaran yang efektif dan
efesien” Tutup Yeter.

Dekan Fkip Undana Dr.Petrus Ly, M.Si. saat sapaan membuka kegiatan, menyampaikan terima kasih kepada narasumber dan mahasiswa. Lanjut Petrus Ly berpesan, pendidikan harus sesuai dengan Perubahan Era dan diikuti oleh paradikma baru.

“Paradikma lama tidak bisa digunakan pada era yang baru, sebuah era baru membutuhkan paradigma yang baru, begitu juga dengan pendidikan” Pesan Dekan Fkip, sembari membuka seminar nasional dengan resmi.

Pantauan Zonalinenews, materi serta narasumber dalam Seminar Nasional itu yakni, Revolusi Industei 4.0, literasi dan pembelajaran Abad 21 oleh Dr. Petrus Ly, M.Si. Pembelajaran dalam menghadapi generasi Z di Era Big data revolusi industri 4.0 oleh Prof. Dr. Sudana Degeng,
M.Pd. Dan paradigma pembelajaran pada era industei 4.0 21st century learning oleh Prof. Dr.Punadji Setyosari M.Pd. (*Alden/Ea)