Bupati Flotim : Toast Kenegaraan Hilangkan Perasaan Saling Curiga


Zonalinenews.Com, Larantuka, Bupati Flores Timur Antonius Hubertus Gege Hadjon, ST dan Ibu Lusia Hadjon tampil elegan mengenakan busana adat Flores Timur pada acara Toast Kenegaraan HUT RI ke 74, Sabtu 17 Agustus 2019 berlangsung di Rumah Jabatan Bupati.

Didampingi Ketua Tim Penggerak PKK, mengenakan atasan kemeja putih lengan panjang serta bawahan sarung  nowing (sarung tenun pria) Flores Timur, Bupati Anton terlihat serasi dengan penampilan Ny. Lusia Hadjon. Berbalut Brokat merah dipadu kwatek (sarung wanita) serupa, menambah kuat spirit Nasionalisme “Merah-Putih”. 

Sementara para hadirin, umumnya mengenakan atasn putih dikombinasi tenunan adat lamaholot pada umumnya.

Sebelum memasuki acara puncak saling bersulang minuman, Hadjon mendeskripsikan secara singkat sejarah lahirnya Toast. Adalah Yunani, sebagai bangsa yang pertama kali memperkenalkan kebersamaan model Toast ketika dimana tumbuh subur perasaan saling curiga-mencurigai di tengah lingkungan sosial masyarakat. 

Pelaksanaan Toast di negara asal dengan minuman anggur, dilakukan dengan sedikit bertenaga sehingga menumpahkan sebagaian isinya ke gelas yang saling bersulang. Ketika tumpahannya, berhasil memasuki gelas lain maka dianggap “fair” alias tidak adanya racun sehingga dengan sendirinya hilang perasaan curiga diantara sesama.

Berangkat dari sejarah tersebut, Bupati mengajak segenap elemen masyarakat memaknai serta merenung kebersamaan selama dua tahun kepemimpinan Anton Hadjon dalam visi Flores Timur Sejahterah Dalam Bingkai Desa Membangun Kota Menata. 

Menurut Hadjon, dengan memaknai secara benar, maka bisa mewujudkan masyarakat Flores Timur yang sejahterah.

“Sebuah kebersamaan akan menghantar kita semua warga Flores Timur menuju ke perjalanan kita untuk 5 tahun berjalan yakni Flores Timur Sejahterah.” Sebutnya optimis.

Mengakhiri sambutan, Politisi PDIP ini berpesan tujuan akan tercapai apabila secara bersama bergandeng tangan meyatukan Visi dan Misi pemerintah dan dijabarkan secara benar.

“Marilah kita maknai itu sebagai bagian kita masing-masing untuk Flores Timur yang kita cintai,” ujar Hadjon mengakhiri sambutan.

Toast Kenegaraan menjadi akhir dari seluruh rangkaian kegiatan HUT RI dan merupakan bagian yang tak terpisahkan. (*tim/red)