Danrem 161/Wirasakti Pimpim Upacara Penutupan TMMD Wilayah Kodim Alor


Zonalinenews – Kalabahi – Danrem 161/Wirasakti Brigjen TNI Syaiful Rahman, S.Sos memimpin langsung upacara penutupan kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 105 wilayah Kodim 1622/Alor, Kamis, 8 Agustus 2019 pagi.

Dalam pembacaan amanat Pangdam IX/Udayana, Danrem mengatakan, TMMD merupakan program lintas sektoral yang melibatkan TNI, Polri, Kementerian, Lembaga Pemerintah Kementerian, pemerintah setempat dan seluruh komponen bangsa.

“Berbagai kegiatan yang telah selesai dilaksanakan dari TMMD kali ini terdiri dari sasaran fisik dan non fisik. Untuk pembangunan fisik meliputi pembangunan infrastruktur atau sarana prasarana yang benar-benar dibutuhkan dan dirasakan manfaatnya langsung oleh masyarakat, terutama untuk membuka daerah-daerah yang terisolasi,” kata Syaiful Rahman.

Lanjutnya, kegiatan non fisik diarahkan dalam rangka mendorong tumbuhnya inovasi dan kreatifitas masyarakat, guna meningkatkan kualitas hidup masyarakat dalam membangun daerah menuju kehidupan sosial yang lebih maju, sejahtera dan mandiri.

“Sasaran kegiatan non fisik seperti penyuluhan sangat penting untuk mengunggah, memupuk komitmen persatuan dan kesatuan bangsa, meningkatkan wawasan kebangsaan dan bela negara serta semangat nasionalisme dalam rangka memperkokoh kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,”ungkap Danrem.

Untuk itu Brigjen Syaiful Rahman berharap, hasil kegiatan TMMD kali ini dapat digunakan sebagai motifasi dan upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat kearah yang lebih baik, serta diharapkan adanya pemeliharaan yang berkisanambungan, baik oleh pemda, instansi terkait dan masyarakat setempat.

“Bagi unsur TNI/Polri serta unsur terkait lainnya yang tergabung dalam satgas TMMD, saya mengucapkan terima kasih karena semuanya telah melaksanakan tugas dengan tetap memegang teguh pada sapta marga, sumpah prajurit dan 8 wajib TNI,” ucap Syaiful Rahman.

Dirinya juga tidak lupa memberikan motifasi dan semangat kepada semua masyarakat dalam membangun Kabupaten Alor.

“Saya mewakili unsur TNI yang ada di NTT, khususnya Kabupaten Alor. Kami ingin mendedikasikan kinerja, tenaga, pikiran, keringat kami untuk Nusa Kenari,” ungkapnya.

Menurutnya, tidak cukup dengan semangat yang ada tetapi ingin bersama seluruh masyarakat, harus bangga dengan aerah ini karena tidak ada orang lain yang mau membantu kesejahteraan Alor kecuali orang Alor sendiri.

“Untuk itu, mari kita semua bahu membahu terutama generasi muda yang akan menggantikan kami selanjutnya. Suatu saat, Danrem NTT harus berasal dari adik-adik disini. Tidak ada lagi yang namanya impor-impor. Caraya mudah, belajar, belajar dan belajar,” tutup Danrem 161/Wirasakti Brigjen TNI Syaiful Rahman, S.Sos. (*Pepenk)