GMKI Cabang Kupang Gelar Dies Natalis Ke-57


Zonalunenews-Kupang,- Gerakan mahasiswa kristen Indonesia (GMKI) cebang Kupang. gelar Dies Natalis ke 57 di alun-alun Sc GMKI Cabang, Jln R.A Kartini Kota kupang. Minggu 18 Agustus 2019.

57 Tahun GMKI berkipra di kota Kupang, berbagai kegiatan dilakukan, baik peningkatan kapasitas kader, dan aksi partisipasi di tiga medan lain, baik di kampus, masyarakat dan gereja.
Puji Tuhan, eksistensi dan kecintaan para kader dan keluarga besar GMKI, membuat GMKI termasuk oraganisasi mahasiswa yang aktif dari masa ke masa. Mereka mampu melewati badai dinamika organisasi dengan hati dan tangan dingin.

Suasana minggu malam, menjadi hari yang bersejarah sekaligus penuh syukur bagi segenap civitas GMKI, di Kupang. Para kader dan badan pengurus cabang memaknai acara itu sebagai ucapan syukur dan momentum evaluasi perjalanan organisasi.

Simson Jakob, mewakili senior GMKI lain berpesan, para kader GMKI harus terus belajar mempersiapkan dirinya, agar kelak berguna bagi masyarakat dan gereja. Karena baginya, sukses bukan hanya menjadi seorang pemimpin, namun menjadi pendamai bagi sesama.

“Pertama tentu kita bersyukur. Semua ini karena campur tangan Tuhan. Para kader harus terus belajar. Lakukan yang terbaik, agar kalian dapat berguna di medan layan,” Ungkap Simson Jacob.

Lanjut Simson, GMKI sebagai tempat berkumpulnya orang muda energik, bersama cipayung teruslah merespon setiap persoalan bangsa. Simson menambakan, khusus pembangunan student Center GMKI tidak semuda membalik telapak tangan.

“Orang muda harus bisa merespon setiap persoalan bangsa, itu tugas GMKI beserta Cipayung. Soal pembangunan SC, banyak dari kita akan seperti nabi Musa tapi satu yang akan menjadi Yosua. Kita sedang dibentuk seperti perjalanan umat Israel dari Mesir menuju tanah Kanaan. Selamat ulang tahun GMKI Kupang ke 57,” Pungkas Jakob, senior GMKI Kupang angkatan 1970an itu.

Ketua GMKI Cabang Kupang Ferdinand Umbu Tay Hambandima, S.Pt. juga mengungkapkan syukur. Lanjut Ferdinand menyampaikan, berdirinya GMKI memilki Dua panggilan utama, yakni panggilan akan Tuhan dan Lingkungannya dengan dibalut semangat untuk mempertahankan kemerdekaan RI yang merupakan tanggungjawab seluruh anak Bangsa.

“Secara khusus kader GMKI dengan dasar pijak nasionalisme dan oikumenisme. Dalam menyatakan Shalom Allah di muka bumi, GMKI terus mewarnai perjuangan kemahasiswaan di setiap peristiwa dan perkembangan jaman (secara khusus pada peristiwa-peristiwa PKI Tahun 1965, runtuhnya orde baru, era revormasi1998, hingga diera melienial atau reavolusi industri 4.0).” Katanya.

Menindaklanjuti semangat dan roh kedirian GMKI maka tersebar luaslah kader-kader GMKI diseluruh pelosok tanah air dan diseluruh lapisan kehidupan kemahasiswaan, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, dengan tersebarnya kader-kader yang mumpuni tersebut, terbentuk pula Cabang-cabang GMKI diberbagai Kota Perguruan Tinggi se tanah Air.

“Cabang GMKI Kupang yang di gagas oleh para founder Pada Tahun 1962 dan sangat berkaitan erat dengan berdirinya Universitas Nusa Cendana Kupang Pada tahun 1962 dan PGSD Negeri Kupang yang pada waktu itu telah dibangun. Dari situlah bangkit sebuah kesadaran untuk membentuk sebuah Cabang GMKI di kota Kupang” Pungkas Ferdi Sapaan akrabnya.

Dalam momentum sukacita itu, Ferdinand mengajak, untuk para kader tetap mempertahankan dan menjalankan seluruh amanat gerakan dimanapun civitas GMKI berada.

“Visi misi gerakan ini merupakan visi misi hidup kita, oleh karena itu marilah kita tetap menjalankan semangat hidup gerakan, agar kita tetap dikatakan sebagai anak-anak yang lahir dari Rumah Biru. Tinggilah iman kita, tinggilah ilmu kita, tinggilah pengabdian kita.  Teriring salam dan doa tulus Ut Omnes Unum Sint. Syalom,” Tutup Ferdinand.

Pantauan Zonalinenews, Ratusan anggota biasa dan anggota luar biasa GMKI dari masa ke masa banjiri alun-alun Sc GMKI Kupang. Ibadah syukur Dies Natalis GMKI berlangsung pukul 18:00 Wita, dilanjutkan dengan upacara, dan acara pemotongan kue ulang Tahun yang dipandu oleh dua orang anggota luar biasa GMKI Kupang Christo M.T Kolimo, S.Th. dan Dr. Detji Kory Elianor Rooseveld Nuban, SH., M.Hum. (*Erson)